KETERBACAAN BUKU TEKS MARSUDI BASA LAN SASTRA JAWA KELAS VIII KURIKULUM 2013 DENGAN MENGGUNAKAN FOG INDEX DAN GRAFIK RAYGOR


Ikhvi Manarotul Fatati, 2601416056 (2021) KETERBACAAN BUKU TEKS MARSUDI BASA LAN SASTRA JAWA KELAS VIII KURIKULUM 2013 DENGAN MENGGUNAKAN FOG INDEX DAN GRAFIK RAYGOR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2601416056 - Ikhvi Fatati.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Buku teks digunakan sebagai salah satu sumber utama belajar peserta didik. Hal ini karena buku tergolong sebagai media belajar cetak yang bisa dibaca secara terus menerus untuk kemudian dipahami pembaca guna memperoleh informasi yang ada di dalamnya. Dengan adanya buku teks, peserta didik dapat belajar secara mandiri ketika proses pembelajaran tidak berjalan maksimal. Buku teks disusun berdasarkan kurikulum yang berlaku. Selain itu, ciri dari kurikulum 2013 menerapkan pembelajaran berbasis teks. Salah satu syarat agar pesan yang disampaikan penulis dapat diterima dengan baik oleh pembaca ialah keterbacaan teks itu sendiri. Oleh karena itu, keterbacaan sangat berkaitan dengan pembaca dan teks. Maka, tingkat keterbacaan pada buku teks perlu disesuaikan dengan pengguna, khususnya peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterbacaan buku teks Marsudi Basa lan Sastra Jawa kelas VIII kurikulum 2013 dengan menggunakan fog index dan grafik Raygor. Jenis dan desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis isi (content analyze). Teknik pengumpulan data dari penelitian ini diperoleh melalui analisis dokumen sehingga diperoleh data berupa tingkat keterbacaan teks yang diambil dari sumber data penelitian yaitu teks-teks prosa pada buku teks Marsudi Basa lan Sastra Jawa kelas VIII kurikulum 2013. Hasil penelitian ini adalah bahwa dari 10 teks prosa pada buku teks Marsudi Basa lan Sastra Jawa kelas VIII kurikulum 2013 yang dianalisis menurut formula fog index diperoleh hasil 8 teks berkategori mudah, 1 teks berkategori ideal, dan 1 teks tidak memenuhi syarat perhitungan fog index. Jika menurut grafik Raygor terdapat 7 teks berkategori mudah, 1 teks berkategori sesuai, 1 teks berkategori long sentence (kalimat terlalu panjang), dan 1 teks berkategori long words (terlalu banyak kata sulit).

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Buku teks, keterbacaan, fog index, grafik Raygor
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 03 Jan 2023 01:36
Last Modified: 03 Jan 2023 01:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54520

Actions (login required)

View Item View Item