Peningkatan Keterampilan Merangkum Teks Wacana Melalui Teknik Mewarnai Kalimat Utama pada Siswa Kelas VIII F SMP Negeri 1 Gesi Kabupaten Sragen Tahun Ajaran 2008/2009
Teguh Hariyanto, 2009 (2009) Peningkatan Keterampilan Merangkum Teks Wacana Melalui Teknik Mewarnai Kalimat Utama pada Siswa Kelas VIII F SMP Negeri 1 Gesi Kabupaten Sragen Tahun Ajaran 2008/2009. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (Peningkatan Keterampilan Merangkum Teks Wacana Melalui Teknik Mewarnai Kalimat Utama pada Siswa Kelas VIII F SMP Negeri 1 Gesi Kabupaten Sragen Tahun Ajaran 2008/2009)
Download (34kB) | Preview |
Abstract
Hariyanto,Teguh. 2009.Peningkatan Keterampilan Merangkum Teks Wacana Melalui Teknik Mewarnai Kalimat Utama pada Siswa Kelas VIII F SMP Negeri 1 Gesi Kabupaten Sragen Tahun Ajaran 2008/2009.Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I: Drs. Wagiran, M.Hum., Pembimbing II: Drs. Haryadi, M.Pd. Kata kunci : merangkum teks wacana, teknik mewarnai kalimat utama Dalam menulis rangkuman seperti halnya jenis keterampilan yang lain, dapat diperoleh melalui belajar dan berlatih. Keterampilan merangkum ini tidak datang dengan sendirinya, melainkan melalui beberapa tahap serta didukung dengan latihan yang intensif. Sebagaimana hasil observasi yang telah dilakukan peneliti, tingkat keterampilan siswa kelas VIII F SMP Negeri 1 Gesi Kabupaten Sragen dalam merangkum masih rendah. Dalam pelaksanaan pembelajan merangkum, siswa sering melakukan kesalahan berupa ketidaksesuaian antara hasil rangkuman dengan teks aslinya. Hal ini disebabkan siswa kurang memahami isi teks asli. Berdasarkan kenyataan tersebut, pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya pembelajaran merangkum, perlu diperbarui yaitu berupa pemilihan teknik mewarnai kalimat utama dalam merangkum. Pembelajaran merangkum melalui teknik mewarnai kalimat utama ini akan mengembangkan daya kreasi dan konsentrasi, serta mempertajam kemungkinan pemahaman terhadap karya asli. Berdasarkan latar belakang di atas, permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini ialah bagaimanakah peningkatan keterampilan merangkum dan perubahan perilaku siswa kelas VIII F SMP Negeri 1 Gesi Kabupaten Sragen setelah dilakukan pembelajaran merangkum dengan teknik mewarnai kalimat utama. Untuk mengetahui hal tersebut perlu dilakukan penelitian tindakan kelas. Ada dua siklus dalam penelitian ini, yaitu siklus I dan siklus II. Masing-masing terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil siklus I, dan siklus II dibandingkan untuk mengetahui peningkatan keterampilan siswa dalam merangkum teks wacana dan perubahan perilaku siswa dengan digunakannya teknik mewarnai kalimat utama dalam pembelajaran merangkum. Selain itu, penelitian pembelajaran merangkum melalui teknik mewarnai kalimat utama ini diharapkan dapat memberi sumbangan teoretis dan praktis bagi guru, siswa, dan sekolah. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh hasil tes pratindakan mencapai nilai rata-rata 57,9. Kemudian hasil tes pada siklus I adalah 66,1, sedangkan pada siklus II nilai rata-ratanya mencapai 80. Hal ini menunjukkan terjadi peningkatan sebesar 38,17% dari prasiklus sampai siklus II. Melihat data tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan teknik mewarnai kalimat utama dalam pembelajaran merangkum mampu meningkatkan keterampilan siswa dalam merangkum teks wacana. Peningkatan hasil tes juga diikuti oleh perubahan perilaku siswa kelas VIII F SMP Negeri 1 Gesi Kabupaten Sragen ke arah yang lebih positif. Misalnya siswa lebih antusias dalam pembelajaran. Mengingat hasil pembelajaran merangkum teks wacana melalui teknik mewarnai kalimat utama dapat meningkatkan keterampilan merangkum teks siswa kelas VIII F SMP Negeri 1 Gesi Kabupaten Sragen, maka hendaknya teknik mewarnai kalimat utama dapat dijadikan alternatif oleh para guru untuk diterapkan dalam pembelajaran keterampilan merangkum.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | merangkum teks wacana, teknik mewarnai kalimat utama |
Subjects: | P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 12 Oct 2011 01:53 |
Last Modified: | 19 Oct 2011 02:54 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/5452 |
Actions (login required)
View Item |