EVALUASI PEMBELAJARAN DARING BAHASA JAWA DI SMK NEGERI 2 PURWOREJO DENGAN MODEL CIPP


Puput Fatikhah Nadzari, 2601416028 (2021) EVALUASI PEMBELAJARAN DARING BAHASA JAWA DI SMK NEGERI 2 PURWOREJO DENGAN MODEL CIPP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2601416028 - Puput Fatikhah Nadzari.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Pandemi Covid-19 mengakibatkan banyak perubahan salah satunya perubahan pada bidang pendidikan. Sistem pendidikan di Indonesia berubah dari pembelajaran dengan sistem tatap muka secara langsung menjadi pembelajaran dalam jaringan (daring). Pelaksanaan pembelajaran daring dilakukan pada semua mata pelajaran termasuk mata pelajaran bahasa Jawa. Pada pembelajaran daring bahasa Jawa di SMK Negeri 2 Purworejo ditemukan berbagai kendala seperti guru tidak dapat memanfaatkan LMS pembelajaran secara optimal, siswa memiliki keterbatasan sarana untuk belajar secara daring, dan lingkungan rumah siswa yang tidak mendukung untuk belajar bahasa Jawa. Dengan adanya berbagai kendala perlu adanya evaluasi terhadap program pembelajaran daring bahasa Jawa sehingga kualitasnya dapat ditingkatkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui evaluasi pembelajaran daring bahasa Jawa menggunakan model evaluasi CIPP. Model ini meninjau program pembelajaran daring bahasa Jawa dari empat aspek yakni aspek konteks, aspek input dan aspek prosedur. Model ini dipilih oleh peneliti karena dapat menggambarkan suatu program pembelajaran secara komprehensif. Metodologi penelitian yang dipakai adalah kualitatif deskriptif, instrument penelitian berupa angket, pedoman wawancara, dan dokumentasi. Sumber data yang didapatkan dari kepala sekolah, guru, dan siswa. Teknik analisis data yang digunakan meliputi tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data kemudian diakhiri dengan penarikan kesimpulan secara deskriptif. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa aspek konteks pembelajaran daring bahasa Jawa di SMK Negeri 2 Purworejo dapat dikategorikan baik karena memiliki landasan hukum yang jelas dan tujuan pembelajaran yang relevan. Evaluasi aspek input dari segi siswa, guru, sarana prasarana dan anggaran dana berkategori baik. Pada aspek proses dapat dikatakan cukup baik karena terdapat hal-hal yang kurang sesuai. Pada aspek produk dapat dikategorikan baik karena terdapat hasil belajar dari domain kognitif, afektif dan psikomotor. Selain itu, berdasarkan hasil evaluasi, peneliti memberikan rekomendasi kepada Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, kepala sekolah, dan guru bahasa Jawa di SMK Negeri 2 Purworejo.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi Program, Bahasa Jawa, CIPP
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 02 Jan 2023 08:15
Last Modified: 02 Jan 2023 08:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54514

Actions (login required)

View Item View Item