PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS TEKS DIALOG BERTEMA GUNEMAN PADINAN UNTUK SISWA KELAS VIII SMP ISLAM TERPADU DI KABUPATEN SEMARANG


Andi Wahyu Cahyo Utomo, 2601414050 (2021) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS TEKS DIALOG BERTEMA GUNEMAN PADINAN UNTUK SISWA KELAS VIII SMP ISLAM TERPADU DI KABUPATEN SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2601414050 - andi wahyu.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran merupakan unsur penting dalam proses pendidikan di sekolah. Dalam prosesnya, pembelajaran harus dibuat menyenangkan dan interaktif. Proses pembelajaran yang berlangsung di satuan pendidikan tidak akan lepas dari bahan ajar. Bahan ajar dapat menunjukkan bagaimana guru mengajarkan suatu materi dan bagaimana peserta didik mempelajari suatu materi. Pada pembelajaran bahasa Jawa di SMP Islam Terpadu Cahaya Ummat dan SMP Islam Terpadu Darul Fikri, masalah yang dihadapi oleh guru adalah sulit memilih dan menentukan bahan ajar yang sesuai dengan kondisi siswa. Bahan ajar bahasa Jawa yang selama ini dijadikan sebagai pedoman dalam pembelajaran bahasa Jawa di Sekolah adalah buku teks dan LKS (lembar kerja siswa). Dengan cangkupan materinya adalah materi pokok saja dan belum sesuai dengan kondisi lingkungan peserta didik. Tujuan pokok penelitian ini adalah mengembangkan bahan ajar menulis teks dialog berbahasa Jawa untuk siswa SMP Islam Terpadu di Kabupaten Semarang dengan tema guneman padinan. Dengan demikian, fokus penelitian ini ialah (1) karakteristik kebutuhan bahan ajar menulis dialog berbahasa Jawa; (2) prototipe bahan ajar menulis teks dialog berbahasa Jawa; (3) validasi prototipe bahan ajar menulis teks dialog berbahasa Jawa. Penelitian yang menggunakan desain penelitian dan pengembangan (Research and Development) ini berlangsung di SMP Islam Terpadu Cahaya Ummat dan SMP Islam Terpadu Darul Fikri dengan guru dan peserta didik sebagai sumber data. Sumber data lain yang digunakan pada penelitian ini ialah data validasi produk dari ahli desain dan ahli materi/pengajaran. Instrumen utama penelitian ini ialah (1) angket kebutuhan peserta didik terhadap bahan ajar; (2) angket kebutuhan guru terhadap kebutuhan bahan ajar; (3) angket validasi terhadap desain bahan ajar; (4) angket validasi terhadap materi pada bahan ajar. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini ialah (1) siswa membutuhkan bahan ajar yang kontekstual, tampilan menarik, dan bermuatan nilai sosial dan spiritual. Guru membutuhkan bahan ajar yang mudah digunakan, efektif, sesuai kondisi peserta didik, dan tidak memerlukan media bantu lain; (2) prototipe bahan ajar menulis teks dialog berbahasa Jawa yang disusun menggunakan pendekatan pembelajaran teks dengan muatan materi bersifat kontekstual; (3) penilaian ahli terhadap bahan ajar menulis teks dialog berbahasa Jawa dengan perolehan skor 87,5 (sangat baik) dari ahli media dan 94,5 (sangat baik) dari ahli materi/pengajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: bahan ajar, teks dialog, kontekstual, pendekatan teks
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Development of Learning Materials
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 02 Jan 2023 07:51
Last Modified: 02 Jan 2023 07:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54510

Actions (login required)

View Item View Item