ANALISIS DESKRIPTIF PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM PEMBELAJARAN MENULIS RINGKASAN TEKS NARASI UNTUK SISWA KELAS VII F SMP N 2 SUSUKAN KABUPATEN SEMARANG


Hasan Basir, 2601414039 (2021) ANALISIS DESKRIPTIF PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM PEMBELAJARAN MENULIS RINGKASAN TEKS NARASI UNTUK SISWA KELAS VII F SMP N 2 SUSUKAN KABUPATEN SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2601414039 - Hasan Basir.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran menulis ringkasan teks narasi dilakukan dengan memberikan penugasan tanpa bimbingan dari guru, selain itu guru bahasa Jawa di SMP Negeri 2 Susukan, guru menyatakan bahwa siswa kurang berantusias dalam mengerjakan tugas tersebut sehingga berdampak pada hasil ringkasan yang kurang maksimal. Oleh karena itu diperlukan penerapan model pembelajaran untuk menarik antusias siswa dalam pembelajaran menulis ringkasan teks narasi. Tujuan penelitian ini, yaitu (1) Mendeskripsikan perencanaan penerapan model Jigsaw dalam pembelajaran menulis ringkasan teks narasi siswa kelas VII F SMP N 2 Susukan, (2) Mendeskripsikan penerapan model Jigsaw dalam pembelajaran menulis ringkasan teks narasi siswa kelas VII F SMP N 2 Susukan (3) Mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat penerapan model Jigsaw dalam pembelajaran menulis ringkasan teks narasi siswa kelas VII F SMP N 2 Susukan. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data berupa teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, Guru Bahasa Jawa di SMP Negeri 2 Susukan sudah membuat Prota, Promes, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) kurikulum 2013, pelaksanaan penerapan pembelajaran terlaksana pada tanggal 5 Desember 2019, pelaksanaan penerapan pembelajaran mengikuti langkah-langkah model Jigsaw, penerapan model kooperatif tipe Jigsaw membuat siswa aktif. Faktor pendukung dalam pelaksanaan model Jigsaw yaitu guru dan siswa SMP Negeri 2 Susukan itu sendiri. Faktor penghambat dalam pelaksanaan model kooperatif tipe jigsaw yaitu terdapat beberapa siswa yang berdiskusi sendiri.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model Jigsaw, Menulis Ringkasan, Teks Narasi, SMP.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 02 Jan 2023 07:47
Last Modified: 02 Jan 2023 07:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54509

Actions (login required)

View Item View Item