PENERAPAN METODE SUZUKI VIOLIN PADA PEMBELAJARAN BIOLA SERTA KENDALA DAN SOLUSINYA DI JANUART MUSIC COURSE MAGELANG
Abdurrozzaq Hassan Khoeirulloh, 2501417141 (2021) PENERAPAN METODE SUZUKI VIOLIN PADA PEMBELAJARAN BIOLA SERTA KENDALA DAN SOLUSINYA DI JANUART MUSIC COURSE MAGELANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Salah satu tempat kursus musik di Magelang yang membuka kelas untuk alat music biola yaitu JanuART Violin Music Couse yang berlokasi di Jalan Kemasan Nyamplungan, Gemampang Kadiluwih Salam Ngluwar, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Permasalahan pada penelitian ini adalah bagaimana penerapan metode Suzuki dalam pembelajaran biola di JanuART Violin Music Couse Magelang dan bagaimana kendala dan solusi dalam pembelajaran biola menggunakan metode Suzuki di JanuART Violin Music Couse Magelang. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengetahui penerapan metode Suzuki dalam pembelajaran biola di JanuART Music Couse Magelang (2) Memaparkan kendala dan solusi dalam pembelajaran biola menggunakan metode Suzuki di JanuART Music Couse Magelang. Manfaat dari penelitian ini diharapkan bagi pengajar dan siswa musik digunakan sebagai bahan referensi dalam melaksanakan pembelajaran violin. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dimana data-data primer didapatkan dengan cara pengamatan langsung, pengamatan partisipatif, serta wawancara mendalam kepada para narasumber. Fokus penelitian adalah tentang kendala serta solusi yang dialami baik oleh siswa maupun guru dalam pembelajaran biola di JanuART Music Course. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil dari penelitian diperoleh bahwa beberapa kendala yang dialami antara lain (1) JanuART Music Course memiliki siswa yang sudah dapat membaca not balok dan ada yang belum bisa membaca not balok terutama untuk siswa baru yang ingin memulai belajar biola; (2) Siswa terasa pegal dibahu kiri, posisi jari dan pergelangan tangan kiri serta kurangnya berlatih biola; (3) Siswa masih sering bingung pada posisi jarinya; (4) Lingkungan siswa di rumah bukan lingkungan musik; (5) Kendala karena pandemi Covid 19. Sedangkan solusi yang ditawarkan oleh JanuART Music Course adalah: (1) Menuliskan huruf alfabet untuk menandai pada bagian yang menurut siswa itu sulit atau mudah lupa; (2) Siswa dipastikan harus dalam keadaan menyimak materi; (3) Memberikan pertanyaan apa saja nada open string pada biola di setiap pertemuan agar murid selalu hafal; (4) Guru selalu merapikan ruangan saat kelas selesai; (5) JanuART Music Course menghimbau kepada siswa dan orang tua siswa untuk selalu menggunakan masker sesuai anjuran pemerintah untuk mematuhi Protokol Kesehatan yang berlaku saat ini.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode, Suzuki Violin, Pembelajaran Biola, Kendala, Solusi. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > Learning Method |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik) |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 02 Jan 2023 07:06 |
Last Modified: | 02 Jan 2023 07:06 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54504 |
Actions (login required)
View Item |