TRATEGI PEMBELAJARAN PADUAN SUARA DI SMP NEGERI 5 ADIWERNA KABUPATEN TEGAL
Mukhamad Ammar Fauzan, 2501417122 (2021) TRATEGI PEMBELAJARAN PADUAN SUARA DI SMP NEGERI 5 ADIWERNA KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh bagaimana pelaksanaan Strategi pembelajaran paduan suara di SMP Negeri 5 Adiwerna. Berdasarkan latar belakang tersebut memiliki permasalahan yang paling utama dalam penelitian ini adalah pelaksanaan strategi pembelajaran paduan suara, kemudian kendala Siswa yang menyebabkan kesulitan dalam bernyanyi paduan suara yakni Siswa Kelas IX SMP Negeri 5 Adiwerna serta bagaimana Strategi yang dilakukan oleh Guru dalam melaksanakan strategi pembelajaran paduan suara di SMP Negeri 5 Adiwerna. Dengan adanya tujuan ini memberikan strategi pembelajaran Guru akan lebih mengetahui karakteristik Siswa dalam memahami materi yang disampaikan dalam kemampuan bernyanyi paduan suara. Penelitian ini akan menggunakan jenis penelitian Studi Kasus. Dimana metode penelitian ini akan dilakukan dengan longitudinal dalam suatu keadaan dan suatu kejadian melalui sistem pengamatan, pengumpulan data, analisis informasi serta pelaporan hasil. Studi ini dilihat dari sisi bagaimana meningkatkan kemampuan belajar pada siswa. Pada Instrumen Penelitian ini akan memperoleh data yang akurat sehingga data yang dihasilkan sesuai dengan tujuan. Oleh karena itu pada instrumen pengumpulan data penelitian akan mendukung data penelitian. Teknik Analisis data penelitian ini menggunakan secara Kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi pembelajaran paduan suara akan meningkatkan pemahaman pada siswa. Guru juga menyesuaikan rencana pembelajaran secara langsung. Pelaksanaan strategi pembelajaran yang digunakan yakni strategi pembelajaran langsung. Strategi pembelajaran langsung menjelaskan pengertian paduan suara, teknik vokal, yakni ada Intonasi, artikulasi, phrasering serta memberikan materi yang dinyanyikan. Sebelum melaksanakan penilaian Guru memberikan pengarahan kepada Siswa sebelum melaksanakan penilaian. Hampir semua kelas mengikuti serta menguasai materi dalam pembelajaran seni budaya. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan bahwa, strategi pembelajaran paduan suara dapat meningkatkan pemahaman bagi siswa serta memahami materi yang disampaikan. Siswa akan lebih fokus kepada Guru dalam melaksanakan belajar mengajar dan bagaimana meningkatkan kualitas belajar dalam mengikuti pembelajaran agar siswa terampil dalam meningkatkan kemampuan bernyanyi.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi, Pembelajaran, Paduan Suara |
Subjects: | L Education > Special Education > Music Education |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik) |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 02 Jan 2023 06:47 |
Last Modified: | 02 Jan 2023 06:47 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54499 |
Actions (login required)
View Item |