NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PERTUNJUKAN TAYUB DALAM UPACARA SEDEKAH BUMI DESA BANDUNGHARJO KABUPATEN GROBOGAN
Eni Seviyana, 2501417083 (2021) NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PERTUNJUKAN TAYUB DALAM UPACARA SEDEKAH BUMI DESA BANDUNGHARJO KABUPATEN GROBOGAN. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Manusia hidup dalam lingkungan sosial dan budaya tertentu yang tidak lepas dari pendidikan karakter. Pendidikan karakter diperlukan bukan hanya di sekolah saja, tapi juga di lingkungan sosial masyarakat. Nilai pendidikan karakter tercermin dalam kehidupan masyarakat dilihat dari keseniannya. Tayub merupakan kesenian kerakyatan yang hidup hingga saat ini di Desa Bandungharjo sebagai sarana upacara sedekah bumi. Pertunjukan Tayub sebagai sarana upacara ritual menunjukkan nilai pendidikan karakter. Rumusan masalah penelitian ini adalah: Bagaimana aspek-aspek pertunjukan Tayub dalam upacara sedekah bumi?; Bagaimana nilai pendidikan karakter pertunjukan Tayub dalam upacara sedekah bumi?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aspek-aspek pertunjukan Tayub dan nilai pendidikan karakter pertunjukan Tayub dalam upacara sedekah bumi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan interdisiplin ilmu, disiplin ilmu yang digunakan adalah etnokoreologi dan sosiologi seni. Lokasi penelitian dilakukan di Desa Bandungharjo Kabupaten Grobogan. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Analisis data melalui tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini mengungkapkan aspek-aspek pertunjukan Tayub meliputi pelaku yaitu ledhek, pengarih, pengibing dan pengrawit; gerak dalam Tayub merupakan gerak murni dan gerak berpindah tempat; musik iringan menggunakan gamelan jawa laras pelog dan slendro; tata rias korektif atau rias cantik; tata busana menggunakan kebaya modern, jarit dan sampur. Nilai pendidikan karakter meliputi; nilai religi ditunjukkan dengan sikap percaya kepada Tuhan, toleransi dan kerukunan hidup; nilai karakter hubungannya dengan diri sendiri ditunjukkan dengan sikap kerja keras, disiplin dan tanggung jawab; nilai karakter hubungannya dengan sesama tercermin dari sikap demokratis, gotong royong dan cinta tanah air; nilai religi hubungannya dengan alam ditunjukkan dengan sikap peduli lingkungan. Saran diajukan bagi masyarakat dan pelaku seni di Desa Bandungharjo diharap dapat melestarikan dan memperkenalkan kesenian Tayub secara luas kepada generasi penerus sehingga Tayub dapat dijadikan sebagai media pendidikan karakter bagi anak yang dapat diterapkan dalam lingkungan sosial.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Nilai Pendidikan Karakter, Sedekah Bumi ,Tayub. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Tari) |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 02 Jan 2023 06:40 |
Last Modified: | 02 Jan 2023 06:40 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54498 |
Actions (login required)
View Item |