ANALISIS STRATEGI PEMBELAJARAN SENI MUSIK DI SMP OLEH GURU NON BIDANG MUSIK DI MASA PANDEMI COVID 19


Satrio Aji Sasongko, 2501417056 (2021) ANALISIS STRATEGI PEMBELAJARAN SENI MUSIK DI SMP OLEH GURU NON BIDANG MUSIK DI MASA PANDEMI COVID 19. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2501417056 - Satrio Aji Sasongko.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Guru memiliki peran penting dalam mendidik generasi bangsa. Dalam kegiatan pembelajaran, proses belajar mengajar harus dipusatkan kepada siswa. Oleh karena itu, guru dalam kegiatan belajar mengajar perlu memperhatikan kemampuan, strategi pembelajaran yang digunakan,dan latar belakang siswa. Dewasa ini, muncul fenomena dimana terdapat guru mata pelajaran seni musik (seni budaya) yang tidak sesuai dengan latar belakang pendidikan seni musik. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui serta menganalisis strategi pembelajaran seni musik di SMP yang dilakukan oleh guru non bidang musik. Penelitian ini merupakan penelitian Mix Methode Research (MMR) dengan menggunakan desain penelitian Exploratory suquential design (rancangan sekuensial eksploratoris). Populasi dalam penelitian ini merupakan seluruh guru seni budaya di Kecamatan Karangmoncol yang berjumlah 8 orang dan Kecamatan Bobotsari yang berjumlah 9 orang. Sistem pengambilan pada penelitian ini menggunakan simple random sampling. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 4 guru yang terbagi menjadi 2 guru bidang musik dan 2 guru non bidang musik. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis fenomenologi dan analisis komparatif dengan menggunakan uji beda (t-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran yang dilakukan oleh guru bidang musik lebih baik dibandingkan strategi pembelajaran yang dilakukan oleh guru non bidang musik, dilihat dari strategi pembelajaran yang dilakukan oleh guru bidang musik lebih kreatif dan inovatif dimana guru memanfaatkan media yang ada dan melaksanakan pembelajaran secara synchronous dan asynchronous, dibandingkan strategi pembelajaran yang dilakukan oleh guru non bidang musik yang cenderung menggunakan strategi tidak langsung dan membuat pembelajaran kurang efektif. Selain itu dilihat dari perbandingan hasil belajar siswa, hasil belajar siswa yang diajarkan oleh guru bidang musik sebesar 84,24 lebik baik dibanding rata-rata hasil belajar siswa yang diajarkan oleh guru non bidang musik sebesar 79,80. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, terdapat saran yang ditujukkan bagi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Purbalingga, dan Seluruh Kepala SMP di Kabupaten Purbalingga dimana dalam memilih guru seni budaya (seni musik) hendaknya dalam menempatkan guru seni musik dilihat dari latar belakang pendidikan terlebih dahulu.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran, Hasil Belajar, Guru Non Bidang
Subjects: L Education > Special Education > Music Education
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 02 Jan 2023 06:20
Last Modified: 02 Jan 2023 06:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54495

Actions (login required)

View Item View Item