PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN TARI GAGRAG LASEMAN DI SANGGAR SENI GALUH AJENG KABUPATEN REMBANG MELALUI MEDIA VIDEO PADA MASA PANDEMI COVID-19


Agustina Ayu Andira, 2501417049 (2021) PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN TARI GAGRAG LASEMAN DI SANGGAR SENI GALUH AJENG KABUPATEN REMBANG MELALUI MEDIA VIDEO PADA MASA PANDEMI COVID-19. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2501417049 - Agustina Ayu Andira.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Pengembangan Pembelajaran Tari Gagrag Laseman di Sanggar Seni Galuh Ajeng Kabupaten Rembang melalui Media Video pada Masa Pandemi Covid�19merupakan penelitian yang mengembangkan media pembelajaran praktik tari dalam bentuk video, yang diunggah di website Youtube dengan channel Agustina Ayu Andira,agar siswa tetap dapat belajar praktik tari secara jarak jauh untuk mencegah penularan Covid-19. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan pembelajaran tari di Sanggar Seni Galuh Ajeng pada masa pandemi Covid-19, dan mengembangkan media video Tari Gagrag Laseman, sebagai pengganti pembelajaran tatap muka di masa pandemi Covid-19. Produk penelitian berupa media video Tari Gagrag Laseman dan buku panduan Tari Gagrag Laseman. Metode penelitian menggunakan Research and Development (R and D) dengan mengadopsi model pengembangan analyze, design, development, implementation and evaluation (ADDIE). Teknik pengumpulan data kualitatif menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode penelitian kuantitatif digunakan untuk mencari validitas dan reliabilitas. Produk media video Tari Gagrag Laseman diuji validitasnya oleh tiga expert judgment dengan hasil persentase kriteria kualitatif untuk menentukan kelayakan produk. Reliabilitas produk diuji dengan formula Alpha cronbach Produk yang telah diuji validitas dan reliabilitas, selanjutnya dilakukan uji coba skala kecil kepada 10 siswa Sanggar Seni Galuh Ajeng usia 12-17 tahun yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Siswa terlebih dahulu diuji normalitas menggunakan teknik Shapiro-wilk berdasarkan hasil penilaian praktik siswa. Uji efektivitas produk diuji menggunakan formula uji Paired Sample T-Test. Pembelajaran tatap muka di Sanggar Seni Galuh Ajeng pada new normal dan PSBB banyak terjadi pelanggaran protokol kesehatan, sehingga pada kebijakan PPKM pembelajaran tatap muka dilaksanakan dengan metode sift. Peneliti mengembangan media video Tari Gagrag Laseman karena berhentinya proses pembelajaran tari tatap muka di Sanggar Seni Galuh Ajeng. Hasil validasi pakar menghasilkan kesepakatan bahwa media video Tari Gagrag Laseman sangat layak untuk digunakan. Uji efektivitas menyatakan pembelajaran menggunakan media video Tari Gagrag Laseman lebih efektif dibandingkan pembelajaran yang tidak menggunakan media video Tari Gagrag Laseman. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penelitian menghasilkan produk berupa media video Tari Gagrag Laseman dan buku panduan Tari Gagrag Laseman sebagai pendamping media video. Peneliti memberikan saran kepada pendidik tari agar media video pembelajaran tari dapat dimanfaatkan sebagai metode pembelajaran tari jarak jauh bagi siswa sekolah maupun sanggar tari yang lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan media video, pembelajaran Tari Gagrag Laseman, sanggar, pandemi Covid-19
Subjects: L Education > L Education (General) > Development of Learning Media
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Tari)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 02 Jan 2023 04:50
Last Modified: 02 Jan 2023 04:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54493

Actions (login required)

View Item View Item