PEMBELAJARAN TARI BUJANGGANONG SEBAGAI PROSES PENANAMAN PERCAYA DIRI PADA ANAK DI SANGGAR SENI TARI SENI BUDAYA DAN BARONGAN RIDWAN CS DESA TODANAN KABUPATEN BLORA


Intan Vitri Evi Liana Dewi, 2501417018 (2021) PEMBELAJARAN TARI BUJANGGANONG SEBAGAI PROSES PENANAMAN PERCAYA DIRI PADA ANAK DI SANGGAR SENI TARI SENI BUDAYA DAN BARONGAN RIDWAN CS DESA TODANAN KABUPATEN BLORA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2501417018 - Intan Vitri.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran Tari Bujangganong di Sanggar Seni Tari Seni Budaya Dan Barongan Ridwan Cs turut serta memegang peranan penting dalam memberikan pendidikan karakter pada anak usia 6-12 tahun. Pembelajaran Tari tidak hanya sebagai wadah untuk menampung berbagai macam kegiatan siswa dalam mengembangkan minat dan bakat tari yang dimiliki, tetapi juga memberikan dampak yang baik pada kepribadian seseorang diantara salah satunya adalah pendidikan karakter percaya diri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan: (1) proses pembelajaran Tari Bujangganong di Sanggar Seni Tari Seni Budaya Ridwan Cs; (2) penanamaan percaya diri pada anak melalui pembelajaran Tari Bujangganong di Sanggar Seni Tari Seni Budaya Dan Barongan Ridwan Cs. Bentuk penelitian kualitatif dengan analisis deskriptif menggunakan pendekatan fenomenologi serta teknik pegumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan proses pembelajaran Tari Bujangganong dilaksanakan secara terencana terdapat komunikasi yang harmonis antara pelatih dengan siswa. Kegiatan pembelajaran siswa di Sanggar Seni Tari Seni Budaya dan Barongan Ridwan Cs terbagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok A untuk kategori remaja dan dewasa serta kelompok B untuk kategori anak-anak. Pembelajaran di sanggar terbagi menjadi tiga tahap yaitu kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Pembelajaran tidak hanya terfokus pada latihan menari saja, tetapi juga diselingi oleh penanaman pendidikan karakter percaya diri dengan stimulus berupa pendekatan, strategi dan metode dari pelatih. Proses pembelajaran Tari Bujangganong menunjukkan pelatih selalu mengoptimalkan pembelajaran tari, terkhusunya menanamkan rasa percaya diri anak dengan cara memberikan stimulus berupa pujian dan motivasi atas tindakan anak, tindakan ini secara tidak langsung mampu merangsang keberanian dan kepercayan dalam diri anak. Anak�anak penari Bujangganong ketika kegiatan pembelajaran selalu berinisiatif dan tanggap untuk maju kedepan kelas memperagakan gerakan atraksi tanpa saling tunjuk dengan sesama rekan menari, untuk memperlihatkan rasa kepercayaan atas kemampuan dalam dirinya. Penggunaan metode tanya jawab juga menjadi salah satu cara untuk mambuat anak lebih aktif dan lebih berani, apabila dibiasakan akan menumbuhkan kepercayaan dalam diri anak.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Percaya Diri, Anak-anak
Subjects: N Fine Arts > NL Theater and Dance
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Tari)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 02 Jan 2023 04:32
Last Modified: 02 Jan 2023 04:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54491

Actions (login required)

View Item View Item