PENGGUNAN METODE PROYEK DALAM PEMBELAJARAN DRUM PADA ANAK USIA DINI DI SEKOLAH MUSIK INDONESIA SEMARANG


Andreas Yulianto, 2501416193 Pendidikan Seni M (2021) PENGGUNAN METODE PROYEK DALAM PEMBELAJARAN DRUM PADA ANAK USIA DINI DI SEKOLAH MUSIK INDONESIA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2501416193 - Andreas Yulianto.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Di zaman modern ini banyak sekali jenis-jenis lembaga khursus yang bermunculan dan berkembang tak tekecuali Sekolah Musik Indonesia Semarang (SMI) Semarang Sekolah Musik Indonesia semarang merupakan satu bentuk lembaga khursus dibidang musik yang memberikan layanan khursus yang di mulai dari usia 5 tahun di dalam hal ini instruktur menggunakan metode khusus yaitu metode proyek dalam penyampaian materinya. Dari hal tersebut maka terciptalah permasalahan yang menarik untuk diteliti. Dalam penelitian ini adalah bagaimana metode proyek pembelajaran drum anak usia dini di Sekolah musik Indonesia semarang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap dan mengetahui apa saja metode yang digunakan dalam pembelajarannya. Penelitian ini mengunakan metode deskriptif kualitatif yang dilengkapi dengan petunjuk atau prosedur penelitian kualitatif, sasaran penelitian adalah metode pembelajaran drum anak usia dini di Sekolah Musik Indonesia Semarang. Teknik pengumpulan data + (Analisis data) dilakukan dengan cara observasi, studi dokumen. Dalam pembelajaran anak usia dini secara tidak langsung instruktur belajar psikologi anak dimana instruktur harus masuk ke dunia anak-anak untuk memahami anak usia dini karna pada dasarnya anak-anak masih suka bermain sendiri dan susah untuk di atur maka dari itu instruktur harus bisa memahami karakter anak didiknya. Di sekolah musik Indonesia Semarang ada 2 jenis khursus yaitu secara privat dan secara harmoni (terdiri dari 2-5 siswa), namun dalam penelitian ini peneliti hanya meneliti kelas harmoni karna diangap lebih menarik.dan wawancara. Hasil penelitian menemkan bahwa metode pembelajaran drum di SMI Semarang yaitu metode proyek yang terdiri dari: metode ceramah, metode demonstrasi, metode latihan,.metode tersebut digunakan secara berurutan guna mencapai tujuan pembelajarannya

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Penggunaan Metode, Pembelajaran Drum, Anak Usia Dini
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Method
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 02 Jan 2023 04:12
Last Modified: 02 Jan 2023 04:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54488

Actions (login required)

View Item View Item