STRATEGI PEMBELAJARAN DARING MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DENGAN TOPIK BERNYANYI SECARA UNISONO PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMP NEGERI 12 SEMARANG


Rara Indah Pratiwi, 2501416165 (2021) STRATEGI PEMBELAJARAN DARING MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DENGAN TOPIK BERNYANYI SECARA UNISONO PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMP NEGERI 12 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2501416165 - rara indahpratiwi.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pandemi covid-19 memberikan dampak dan perubahan terhadap berbagai bidang, termasuk diantaranya adalah pendidikan. Perubahan pada bidang pendidikan yaitu dengan memberlakukan pembelajaran secara daring. Banyak kendala yang dihadapi dalam pembelajaran daring yaitu pada kesiapan guru, ketidakmampuan siswa dan keterlibatan orang tua. Maka dari itu, perlu dikaji bagaimana strategi pembelajaran pada proses pembelajaran daring. Berdasarkan latar belakang tersebut, peneliti tertarik untuk meneliti strategi pembelajaran yang digunakan guru dalam pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan referensi pengetahuan dalam mengembangkan strategi pembelajaran seni budaya secara daring dan dapat menambah wawasan keilmuan dalam bidang seni musik. Metode penelitian ini adalah studi kasus. Pendekatan penelitian adalah pedagogik, musikologi dan komunikasi. Lokasi penelitian di SMP Negeri 12 Semarang dengan sumber data dari guru seni budaya dan kepala sekolah SMP Negeri 12 Semarang. Teknik pengumpulan data adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk memeriksa keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data yaitu sajian data, reduksi data, dan simpulan. Untuk mendapatkan hasil mengenai strategi pembelajaran daring seni budaya. Hasil penelitian menunjukkan strategi pembelajaran daring yang digunakan guru seni budaya di SMP Negeri 12 yaitu strategi pembelajaran daring berbasis asynchronous learning dan synchronous learning. Strategi pembelajaran daring berbasis asynchronous learning menggunakan google form pada office 365 dan google classroom atau whatsapp sebagai sarana elektronik untuk pemberian tugas dan pengumpulan tugas. Strategi pembelajaran daring berbasis synchronous learning menggunakan google teams sebagai sarana elektronik berjalannya kegiatan pembelajaran. Penggunaan strategi berbasis asynchronous learning dan synchronous learning menghasilkan pemahaman siswa yang baik maka strategi ini dapat diterapkan ditempat lain tetapi harus dengan kondisi yang sama. Namun kekurangannya masih terlihat keaktifan siswa masih kurang dalam kegiatan pembelajaran synchronous learning, maka disarankan dapat mencari solusi lain seperti variasi metode/variasi media/variasi tugas dan sebagainya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: strategi, pembelajaran daring, seni budaya.
Subjects: M Music and Books on Music > ML Literature of music
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 02 Jan 2023 03:57
Last Modified: 02 Jan 2023 03:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54486

Actions (login required)

View Item View Item