PENGEMBANGAN E-MODULE MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN BERMUATAN SOCIO SCIENTIFIC ISSUE UNTUK MELATIH KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA


Rizki Fitriani, 4001417040 (2022) PENGEMBANGAN E-MODULE MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN BERMUATAN SOCIO SCIENTIFIC ISSUE UNTUK MELATIH KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4001417040 - Rizki Fitriani.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan literasi sains siswa di Indonesia berdasarkan hasil PISA 2018 berada pada peringkat 72 dari 79 Negara peserta. Hasil PISA menunjukkan bahwa kemampuan literasi sains siswa tergolong rendah. Permasalahan pada pembelajaran IPA di SMP N 10 Magelang yaitu belum memaksimalkan pembelajaran berbasis lingkungan sekitar, minimnya penggunaan modul berbasis teknologi dan kemampuan siswa di bidang literasi sains cukup rendah. Hal tersebut menjadi dasar pengembangan E-module bermuatan Socio Scientific Issue untuk melatih kemampuan literasi sains siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik, validitas, keterbacaan E-module dan profil literasi sains siswa setelah menggunakan E-module. Desain penelitian ini adalah Research and Development (R&D), menggunakan model pengembangan Sugiyono yang terdiri dari sepuluh langkah yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian,revisi produk dan produksi massal. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas VII. Hasil validasi oleh validator media dan materi menyatakan bahwa E-module pencemaran lingkungan bermuatan Socio Scientific Issue sangat valid untuk digunakan. Persentase skor rata-rata oleh validator media 96,25 % kriteria sangat valid dan validator materi yaitu 94,16% dengan kriteria sangat valid. Persentase skor rata-rata hasil uji keterbacaan skala kecil yaitu 91,60% dan persentase pada uji skala besar 92,50% kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian profil literasi sains siswa kelas VII di SMP N 10 Magelang berada pada tingkat literasi sains tinggi dengan skor rata-rata 82,56% . Persentase skor rata-rata setiap aspek yaitu aspek pengetahuan sains 88,17%, konteks sains 85,20% dan kompetensi sains 75%. Hal ini dapat menunjukkan bahwa E-module dapat melatih literasi sains siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa E-module pencemaran lingkungan bermuatan Socio Scientific Issue valid digunakan dalam pembelajaran IPA dan dapat melatih kemampuan literasi sains siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: E-module, Socio Scientific Issue, Literasi Sains
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Development of Learning Materials
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 02 Jan 2023 03:35
Last Modified: 02 Jan 2023 03:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54483

Actions (login required)

View Item View Item