PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL PDEODE DENGAN PENDEKATAN LINGKUNGAN UNTUK MELATIH KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK SMP


Indhah Ulya Permatasari, 4001417036 (2022) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL PDEODE DENGAN PENDEKATAN LINGKUNGAN UNTUK MELATIH KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK SMP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4001417036 - Indhah Ulya Permatasari.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Perangkat pembelajaran merupakan pedoman dasar perencanaan pembelajaran. Perangkat pembelajaran yang ideal perlu menggunakan model dan pendekatan yang sesuai dengan kendala dan kebutuhan dari sasaran penelitian. Salah satu model yang dapat digunakan yaitu model PDEODE dengan pendekatan lingkungan. Faktanya, di SMP Negeri 2 Guntur belum didukung perangkat pembelajaran yang memuat model dan pendekatan sesuai dengan kendala dan kebutuhan. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menganalisis hasil pengembangan perangkat pembelajaran model PDEODE dengan pendekatan lingkungan, menganalisis validitas perangkat pembelajaran model PDEODE dengan pendekatan lingkungan, dan menganalisis profil keterampilan proses sains peserta didik. Desain penelitian pengembangan yang digunakan yaitu ADDIE. Data diperoleh dari 48 peserta didik kelas VIII SMP N 2 Guntur Tahun Ajaran 2021/2022. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil pengembangan perangkat pembelajaran model PDEODE dengan pendekatan lingkungan untuk melatih keterampilan proses sains dikembangkan berdasarkan sintaks model PDEODE dengan pendekatan lingkungan dan memuat enam aspek keterampilan proses sains. Perangkat pembelajaran model PDEODE dengan pendekatan lingkungan dinyatakan valid untuk melatih keterampilan proses sains peserta didik dengan nilai Vhitung>Vtabel yakni sebesar lebih dari 0,76. Profil keterampilan proses sains peserta didik mencapai 18,29% yang berada pada kategori sangat baik, dan 81,71% lainnya berada pada kategori baik. Simpulan dari penelitian pengembangan ini didapatkan perangkat pembelajaran model PDEODE dengan pendekatan lingkungan yang dinyatakan valid untuk melatih keterampilan proses sains peserta didik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Perangkat pembelajaran, model PDEODE, pendekatan lingkungan, keterampilan proses sains.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 02 Jan 2023 03:30
Last Modified: 02 Jan 2023 03:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54482

Actions (login required)

View Item View Item