PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM BERBANTUAN AUGMENTED REALITY TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI TATA SURYA


Vitmaya Intan Savila, 4001417031 (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM BERBANTUAN AUGMENTED REALITY TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI TATA SURYA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4001417031 - Vitmaya Intan Savila.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran abad 21 siswa dituntut memiliki karakteristik khusus salah satunya berpikir kritis. Keterampilan berpikir kritis yang masih rendah khususnya pada materi IPA yang bersifat abstrak salah satunya disebabkan oleh belum diterapkannya model dan media pembelajaran yang mendukung keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran flipped classroom berbantuan Augmented Reality terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi tata surya dan menganalisis peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi tata surya antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Desain yang digunakan dalam penelitian adalah pretest-posttest control group design. Sampel penelitian diambil dengan teknik cluster sampling sehingga diperoleh kelas VII-B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-C sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data pada penelitian ini meliputi metode dokumentasi, wawancara, dan tes. Metode tes digunakan untuk mengukur keterampilan berpikir kritis siswa berupa soal pilihan ganda beralasan dan uraian. Pengaruh model pembelajaran flipped classroom berbantuan Augmented Reality terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi tata surya dianalisis dengan uji t-test dan peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa dianalisis dengan uji N-gain. Hasil penelitian menunjukkan nilai t hitung > t tabel = 9,21 > 1,67 dengan taraf signifikansi 0,1 dan t hitung > t tabel = 9,21 > 1,99 dengan taraf signifikansi 0,05 yang berarti bahwa adanya perbedaan signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil analisis uji N-gain sebesar 0,71 dengan kriteria tinggi menunjukkan bahwa setelah diberikan perlakuan mengalami peningkatan keterampilan berpikir kritis. Berdasarkan hal tersebut disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model flipped classroom berbantuan Augmented Reality berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi tata surya. Keterampilan berpikir kritis siswa pada materi tata surya mengalami peningkatan yang lebih tinggi pada pembelajaran menggunakan model flipped classroom berbantuan Augmented Reality.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Flipped classroom, Augmented Reality, berpikir kritis.
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 02 Jan 2023 03:24
Last Modified: 02 Jan 2023 03:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54481

Actions (login required)

View Item View Item