Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Metode Kompetisi Antar Siswa (Kas) Pada Siswa Kelas V di SDN Pakintelan 03


Arif Budiman , 1402407100 (2011) Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Metode Kompetisi Antar Siswa (Kas) Pada Siswa Kelas V di SDN Pakintelan 03. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Metode Kompetisi Antar Siswa (Kas) Pada Siswa Kelas V di SDN Pakintelan 03]
Preview
PDF (Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Metode Kompetisi Antar Siswa (Kas) Pada Siswa Kelas V di SDN Pakintelan 03) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Hasil observasi awal yang dilaksanakan menunjukan bahwa guru masih kurang tepat dalam menerapkan metode pembelajaran dan kurang melibatkan siswa dalam pembelajaran. Nilai ketuntasan klasikal hanya mencapai 39% dengan KKM 70. Melalui Metode Kompetisi Antar Siswa (KAS) diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran matematika. KAS memiliki beberapa keunggulan yaitu siswa bekerja sama dalam mencapai tujuan dengan menjunjung tinggi norma-norma kelompok; interaksi antar siswa seiring dengan peningkatan kemampuan mereka dalam berpendapat; meningkatkan kekooperatifan terhadap yang lain (kerja sama verbal dan nonberbal, kompetisi yang lebih sedikit); keterlibatan siswa lebih tinggi dalam belajar bersama, tetapi menggunakan waktu yang lebih banyak Tujuan penelitian kali ini adalah; (1) meningkatkan keterampilan guru kelas V SDN Pakintelan 03 dalam melaksanakan pembelajaran matematika; (2) meningkatkan aktivitas siswa kelas V SDN Pakintelan 03 dalam melaksanakan pembelajaran matematika; meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Pakintelan 03 dalam materi mata pelajaran matematika. Penelitian dilaksanakan di SDN Pakintelan 03 jalan Langkir, Desa Pakintelan, Kecamatan Gunungpati. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V sebanyak 36 siswa. Variable penelitian ini adalah (1) keterampilan guru, (2) aktivitas siswa, dan (3) hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dokumentasi, dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan melelui metode KAS dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. Prosentase ketuntasan belajar siswa meningkat dari siklus I sebesar 76%, siklus II sebesar 89%. Dengan melihat data di atas maka disarankan metode KAS dapat digunakan oleh guru dalam melaksanakan pembelajaran. Adapun simpulan dari penelitian ini adalah metode kas dapat meningkatkan keterampilan guru; metode KAS dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa; metode KAS dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Oleh karena itu, disarankan supaya guru hendaknya dapat mengggunakan metode KAS untuk meningkatkan keterampilan mengajar, aktivitas, dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pembelajaran, Metode Kas, Keterampilan Guru, Aktivitas Siswa, Hasil Belajar Siswa
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 12 Oct 2011 01:46
Last Modified: 25 Apr 2015 05:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/5448

Actions (login required)

View Item View Item