PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PBL BERBASIS PROBING PROMPTING BERBANTUAN LKS WORD SQUARE


Hilmiyatun Nada, 4001417019 (2022) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PBL BERBASIS PROBING PROMPTING BERBANTUAN LKS WORD SQUARE. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4001417019 - Hilmiyatun Nada.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan berpikir siswa melalui model pembelajaran PBL Berbasis Probing Prompting Berbantuan LKS Word Square. Metode penelitian yang digunakan yaitu quasi�eksperimental design dengan bentuk pretest-posttest, nonequivalent control group design. Sampel penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling yang membutuhkan dua kelas yaitu satu kelas VIII sebagai eksperimen dan satu kelas VIII sebagai kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan soal pilihan ganda beralasan dan essay. Pengaruh model PBL berbasis probing prompting berbantuan LKS word square dianalisis menggunakan uji non parametrik Mann Whitney Test. Hasil pada penelitian ini diperoleh bahwa rata-rata kelas eksperimen sebesar 80,30 sedangkan kelas kontrol diperoleh rata-rata sebesar 73,16. Selain itu, diketahui juga bahwa nilai uji non parametrik Mann Whitney Test yang didapatkan z hitung = - 4,9272 yang berarti berada di daerah penolakan H0, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Hasil yang diperoleh menunjukkan adanya peningkatan dengan menggunakan model pembelajaran PBL berbasis probing prompting berbantuan LKS word square. Analisis peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa kelas eksperimen sebesar 0,15 dan kelas kontrol sebesar 0,03 dengan kategori rendah. Pembelajaran PBL dipadukan dengan pendekatan probing prompting menggunakan media LKS word square efektif terhadap keterampilan berpikir kritis siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: PBL, Probing Prompting, LKS Word Square, Keterampilan Berpikir Kritis. Penelitian ini
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 02 Jan 2023 03:14
Last Modified: 02 Jan 2023 03:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54479

Actions (login required)

View Item View Item