PENGEMBANGAN E-BOOK BERBASIS APLIKASI KVISOFT FLIPBOOK MAKER UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP


Atik Nastiti Nurjanah, 4001417012 (2022) PENGEMBANGAN E-BOOK BERBASIS APLIKASI KVISOFT FLIPBOOK MAKER UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4001417012 - Atik Nastiti Nurjanah.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Keterampilan berpikir kritis merupakan salah satu keterampilan yang dibutuhkan oleh siswa pada abad-21 ini. Selain kemampuan berpikir kritis siswa juga diharapkan memiliki sikap kemandirian belajar. Kenyataannya, hasil observasi di SMP Negeri 19 Semarang menunjukkan bahwa peserta didik masih tergolong rendah dalam kemampuan berpikir kritis maupun kemandirian belajarnya. Penggunaan media pembelajaran yang kurang variatif merupakan salah satu penyebab dari masalah tersebut. Maka dari itu, diperlukan pengembangan media pembelajaran interaktif yang nantinya dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kemandirian belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Validitas E-Book, Keterbacaan E-Book dan Keefektifan E-Book untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dan kemandirian belajar siswa SMP. Pengambilan data dilakukan di SMP Negeri 19 Semarang. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian Research and Development dengan model penelitian dan pengembangan oleh Sugiyono yang telah dimodifikasi. E-Book Berbasis Aplikasi Kvisoft Flipbook maker dinyatakan sangat valid dengan rata-rata validasi 94,87% dari validator media dan 83,33% dari validator materi. Hasil Keterbacaan E-Book dari siswa diperoleh rat-rata sebesar 91,5% dengan kriteria sangat baik. Kemudiaan dilakukan uji keefektifan E-Book untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis dan kemandirian belajar. Hasil penelitian kemampuan berpikir kritis menggunakan tes Soal pilihan ganda beralasan dengan skor rata-rata pretest 58,54 sedangkan skor postest 88,91. Hasil analisis peningkatan signifikan menggunakan N-gain sebesar 0,72 dengan Kriteria dan kategori tinggi. Pada kemandirian belajar siswa diperoleh hasil dengan rata-rata sebesar 82,88% dan 82,30% dengan kriteria sangat mandiri. Berdasarkan uraian tersebut disimpulkan bahwamedia E-Book berbasisAplikasi Kvisoft Flipbook Maker valid untuk digunakan sebagai media dalam kegiatan pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kemandirian belajar siswa SMP.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: E-Book, Kvisoft Flipbook Maker, Berpikir Kritis, Kemandirian Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 30 Dec 2022 03:57
Last Modified: 30 Dec 2022 03:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54471

Actions (login required)

View Item View Item