STRATEGI PEMBELAJARAN VOKAL DENGAN MEMANFAATKAN TEKNOLOGI DI HALMAHERA MUSIC SCHOOL SEMARANG


Della Agustina, 2501416019 (2021) STRATEGI PEMBELAJARAN VOKAL DENGAN MEMANFAATKAN TEKNOLOGI DI HALMAHERA MUSIC SCHOOL SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2501416019 - Della Agustina.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi serba digital saat ini semakin pesat. Manusia memiliki gaya hidup yang tidak bisa dilepaskan oleh perangkat elektronik. Teknologi digital dapat mempermudah melakukan tugas dan pekerjaan. Contoh teknologi di era digital sangat banyak seperti laptop, computer, handphone dan lain-lain. Sedangkan manfaat teknologi secara khusus dapat membantu kegiatan mendidik anak agar tidak gagap akan teknologi dan dapat mempermudah menyesuaikan lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pembelajaran vokal dengan memanfaatkan teknologi di Halmahera Music School Semarang. Dengan demikian, fokus penelitian ini ialah untuk mengetahui (1) strategi pembelajaran vokal dengan memanfaatkan teknologi di Halmahera Music School Semarang; (2) kendala dalam pembelajaran vokal di Halmahera Music School Semarang. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode deskriptif-kualitatif dengan pendekatan musikologi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan Triangulasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data yang kemudian dilakukan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian strategi pembelajaran vokal dengan memanfaatkan teknologi di Halmahera Music School Semarang diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) Strategi yang digunakan oleh Hafid dan Eki selaku guru vokal di Halmahera Music School adalah dengan menggunakan strategi tindakan kasus dan strategi praktek. ix Kedua strategi ini saling berkaitan, dimana guru akan mengamati siswa pada saat praktek dan akan mencari kelemahan pada siswa yang kemudian guru akan mengajarkan dan memberi solusi untuk kekurangan siswa tersebut pada saat praktek bernyanyi; (2) Kendala pada saat pembelajaran vokal yakni cara mengajar guru harus menyesuaikan dengan kondisi perasaan atau mood yang sedang dialami siswa, selain itu kendala yang dialami pada saat pembelajaran online/daring adalah terkait koneksi internet yang tidak stabil. Saran berdasarkan hasil penelitian yakni di masa pandemi seperti saat ini alangkah lebih baik jika fasilitas, sarana dan prasaran tetap dimanfaatkan semaksimal mungkin. Seperti ruang konser yang dimiliki oleh Halmahera Music School dapat dimanfaatkan oleh guru-guru untuk mengadakan konser virtual, sehingga fasilitas yang ada dapat digunakan dengan maksimal. Kemudian terkait jaringan yang digunakan untuk pembelajaran diharapkan untuk lebih diperhatikan lagi sehingga tidak terjadi kendala jaringan pada saat guru mengajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Teknologi, Strategi Pembelajaran, Vokal
Subjects: M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 30 Dec 2022 03:03
Last Modified: 30 Dec 2022 03:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54467

Actions (login required)

View Item View Item