STRATEGI PEMBELAJARAN TEKNIK VOKAL KELOMPOK PADUAN SUARA (Studi Pada Paduan Suara Gita Swara Tamiang Di Kabupaten Aceh Tamiang)


Muhammad Irfan Syahputra, 2501415125 (2021) STRATEGI PEMBELAJARAN TEKNIK VOKAL KELOMPOK PADUAN SUARA (Studi Pada Paduan Suara Gita Swara Tamiang Di Kabupaten Aceh Tamiang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2501415125 - Irfansyah Putra.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Paduan Suara “Gita Swara Tamiang” yang biasa disingkat dengan “GST” merupakan satu-satunya komunitas paduan suara yang berada di Kabupaten Aceh Tamiang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui deskripsi dan menganalisis strategi pembelajaran teknik vokal yang diterapkan oleh Paduan Suara Gita Swara Tamiang di kabupaten Aceh Tamiang. Manfaat penelitian ini secara teoritis adalah untuk menambah serta mengembangkan wawasan tentang strategi pembelajaran teknik vokal pada paduan suara yang baik dan beragam serta dapat dijadikan rujukan penelitian selanjutnya. Manfaat penelitian ini secara praktis adalah menambah wawasan dalam pembelajaran kelompok paduan suara. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi. Penelitian ini dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Paduan Suara Gita Swara Tamiang merupakan paduan suara berbasis komunitas skala kecil yang didirikan pada tahun 2013. Namun dalam jangka waktu singkat, Paduan Suara Gita Swara Tamiang mampu menunjukkan perkembangan yang pesat dibuktikan dengan berbagai macam penghargaan yang diperoleh baik penghargaan skala nasional maupun penghargaan skala internasional. Perkembangan yang pesat tersebut tidak terlepas dari strategi pembelajaran yang ditetapkan oleh pelatih. Terdapat dua strategi pembelajaran teknik vokal yang difokuskan pelatih di dalam Paduan Suara “Gita Swara Tamiang”, yaitu: pertama strategi pembelajaran ekspositori yang dalam pelaksanaannya pelatih melakukan penyampaian materi dengan ceramah dan mencontohkan. Kedua, strategi pembelajaran kooperatif dimana pelatih membagi 4 (empat) kelompok yang sesuai dengan kategori suara sopran, alto, tenor, dan bass. Inisiasi strategi pembelajaran teknik vokal tersebut diterapkan mulai dari penerimaan anggota baru, membuat jadwal latihan, pendidikan latihan dasar, latihan rutin dan mengikuti lomba.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran, Teknik Vokal, Paduan Suara, Gita Swara Tamiang.
Subjects: M Music and Books on Music > M Music
N Fine Arts > NN Music
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 30 Dec 2022 02:46
Last Modified: 30 Dec 2022 02:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54464

Actions (login required)

View Item View Item