Yunia Dwi Sagita


Yunia Dwi Sagita, 4001417008 (2022) Yunia Dwi Sagita. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4001417008 - Yunia Dwi Sagita.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (13MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan wawancara dengan guru IPA di SMP Negeri 1 Bangsri bahwa peserta didik belum diberi kesempatan untuk melaksanakan kerja ilmiah baik individu maupun kelompok. Sekolah jarang melaksanakan praktikum. Pembelajaran sering disajikan dalam bentuk langsung dan masih bersifat satu arah dari pendidik ke peserta didik. Hal ini adalah salah satu dari faktor mendasar yang menyebabkan peserta didik kurang dalam keterampilan proses sains. Penggunaan LKPD masih cetak dan kurang efektif dalam penggunaannya serta belum pernah menggunakan LKPD interaktif. Salah satu solusi yang dapat melatih keterampilan proses sains adalah dengan menyediakan media pembelajaran berupa LKPD yang dikemas secara interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik, menganalisis validitas dan mengetahui peningkatan keterampilan proses sains menggunakan LKPD interaktif berbantuan virtual lab. Desain penelitian ini adalah Research and Development (R&D), menggunakan langkah-langkah penelitian pengembangan menurut Sugiyono yang dibatasi yaitu (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba produk, (7) Revisi produk, dan (8) Produk akhir. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode wawancara, observasi, angket dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil karakteristik diperoleh berdasarkan hasil media yang telah dikembangkan dan lembar angket keterbacaan, memperoleh hasil yaitu karakteristik LKPD interaktif adalah lembar kerja dapat dijawab secara langsung pada situs web, icon atau tombol jika diklik akan menuju ke laman yang dituju, dan mendapatkan feedback langsung setelah selesai mengerjakannya. Hasil validitas diperoleh dengan lembar angket media dan materi, hasilnya adalah validitas media LKPD interaktif memperoleh rata rata sebesar 93% dengan kategori sangat baik dan hasil validitas materi LKPD interaktif memperoleh rata rata sebesar 90% dengan kategori sangat baik. Hasil peningkatan keterampilan proses sains diperoleh dengan observasi dan tes. Hasil observasi peningkatan keterampilan proses sains pertemuan pertama rata rata mendapatkan persentase 58% dan terus meningkat sampai pertemuan ketiga sebesar 87%. Hasil tes diperoleh menggunakan lembar tes pretest dan posttest mendapatkan N-gain sebesar 0,73 dengan kategori tinggi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: LKPD Interaktif, Virtual lab, Keterampilan Proses Sains
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 30 Dec 2022 02:29
Last Modified: 30 Dec 2022 02:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54461

Actions (login required)

View Item View Item