PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-GLOWPOLY (ELECTRONIC GLOBAL WARMING MONOPOLY) UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK SMP


Athiyya Khairunnisa, 4001417006 (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-GLOWPOLY (ELECTRONIC GLOBAL WARMING MONOPOLY) UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK SMP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4001417006 - Athiyya Khairunnisa.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Pelajaran IPA menjadi salah satu mata pelajaran yang dianggap sulit oleh kebanyakan peserta didik karena dinilai masih bersifat abstrak. Pemikiran peserta didik yang dominan bersifat konkret, belum mampu untuk menerjemahkan bahasa ilmiah dan istilah yang membuat peserta didik merasa kesulitan dalam belajar. Permasalahan yang terjadi di SMP Negeri 2 Slawi adalah media pembelajaran IPA tidak ada karena guru masih menggunakan metode ceramah dan materi yang dianggap sulit juga menjadi faktor kurangnya minat belajar peserta didik. Penelitian ini dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut sehingga peneliti merasa perlu mengembangkan suatu media pembelajaran yang menyenangkan dan efektif yaitu media pembelajaran E-glowpoly (Electronic global warming monopoly). Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji kelayakan dan mengetahui peningkatan minat belajar peserta didik setelah menggunakan media pembelajaran E-glowpoly (Electronic global warming monopoly). Penelitian yang digunakan adalah penelitian Research and Development (RnD). Data penelitian berupa data kelayakan media pembelajaran E-glowpoly dan peningkatan minat belajar peserta didik. Media pembelajaran E-glowpoly dinyatakan sangat layak dengan persentase rata-rata 95% pada aspek media dan 90% pada aspek materi. Hasil angket peningkatan minat belajar peserta didik menunjukkan rata-rata persentase sebesar 6,36%. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa media pembelajaran E�glowpoly sangat layak digunakan dalam pembelajaran IPA dan efektif dalam meningkatkan minat belajar peserta didik

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Minat Belajar, Peserta Didik, Media Pembelajaran E-glowpoly
Subjects: L Education > L Education (General) > Development of Learning Media
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 30 Dec 2022 01:58
Last Modified: 30 Dec 2022 01:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54460

Actions (login required)

View Item View Item