PENGEMBANGAN E-BOOKLET INTERAKTIF BERBASIS ANDROID GUNA MEMAKSIMALKAN CRITICAL THINKING SKILL DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA


Ghanius Tsani, 4001417005 (2022) PENGEMBANGAN E-BOOKLET INTERAKTIF BERBASIS ANDROID GUNA MEMAKSIMALKAN CRITICAL THINKING SKILL DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4001417005 - Ghanius Tsani.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Teknologi informasi dan komunikasi pada abad ke-21 telah memunculkan standar baru dalam segala aspek kehidupan, termasuk pendidikan, yaitu salah satu nya adalah tentang perlunya penguasaan critical thinking skill yang termasuk dalam keterampilan abad ke-21, dimana hal tersebut dapat diperdayakan dengan memotivasi peserta didik. Observasi di MTs Negeri 2 Kendal menunjukkan peserta didik pasif dalam pembelajaran, sumber belajar kurang menarik dan tidak memuat aspek-aspek keterampilan berpikir kritis, serta penjelasan guru lebih singkat dalam pembelajaran daring, sehingga membuat motivasi belajar dan keterampilan berpikir kritis peserta didik menjadi kurang optimal. Selain itu, smartphone berbasis android menjadi perangkat yang paling banyak digunakan oleh peserta didik, namun belum diptomalkan penggunaannya dalam pembelajaran. Hal tersebut menjadi dasar dalam pengembangan E-Booklet Interaktif berbasis Andoid guna memaksimalkan critical thinking skill dan motivasi belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan karakteristik E-Booklet Interaktif, menganalisis validitasnya, serta menganalisis respon guru dan peserta didik sebagai pengguna. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan prosedur pengembangan 4-D, yaitu meliputi define, design, development, dan disseminate. Namun, dalam penelitian ini hanya dilakukan sampai pada tahap development, karena pembelajaran yang berlangsung saat dilaksanakannya penelitian masih dalam era pandemi. Subjek penelitian ini adalah validator ahli media, validator ahli materi, guru dan peserta didik. Metode pengambilan data yang digunakan adalah metode wawancara, metode dokumentasi, dan metode angket. Instrumen yang digunakan berupa lembar validasi ahli media, validasi ahli materi, angket respon guru, serta angket respon peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) E-Booklet Interaktif berbasis Android memiliki 5 karakteristik, yaitu self instructional, self contained, user friendly, dapat memberikan latihan critical thinking skill untuk peserta didik pada saat proses pembelajaran dan evaluasi, dan dapat membantu memaksimalkan motivasi belajar peserta didik; (2) E-Booklet Interaktif berbasis Android sangat valid dengan rata-rata capaian penilaian sebesar 91,67% untuk aspek media dan 92,5% untuk aspek materi; (3) E-Booklet Interaktif mendapat respon sangat baik dengan rata-rata persentase sebesar 92,5% untuk respon guru dan 86,77% untuk respon peserta didik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: e-booklet interaktif, android, critical thinking skill, motivasi belajar.
Subjects: L Education > L Education (General) > Development of Learning Media
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 30 Dec 2022 01:54
Last Modified: 30 Dec 2022 01:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54458

Actions (login required)

View Item View Item