PENGARUH PROBLEM BASED-BLENDED LEARNING BERBANTU MEDIA SIMULASI PADA KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK MATERI TATA SURYA


Eka Oktafiana, 4001417004 (2022) PENGARUH PROBLEM BASED-BLENDED LEARNING BERBANTU MEDIA SIMULASI PADA KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK MATERI TATA SURYA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4001417004 - Eka Oktafiana.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Berpikir kritis merupakan salah satu keterampilan yang perlu dimiliki peserta didik pada abad ke-21. Hasil Programme for International Student Assessment (PISA) 2018 menunjukkan bahwa Indonesia ada di peringkat 71 dari 79 partisipan pada kemampuan sains yang diketahui bahwa keterampilan berpikir pada peserta didik di Indonesia masih rendah. Hal ini dapat disebabkan oleh pembelajaran yang dilakukan masih berpusat pada guru, penggunaan soal yang masih belum mampu mengukur dan melatihkan keterampilan berpikir kritis pada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Problem Based-Blended Learning berbantu media simulasi pada keterampilan berpikir kritis dan mengetahui tanggapan peserta didik setelah melakukan pembelajaran. Desain yang digunakan pada penelitian ini adalah quasi experiment dengan bentuk non-equivalent control group design. Sampel yang digunakan pada penelitian ini diambil menggunakan teknik sampel jenuh yakni VII D sebagai kelas eksperimen sedangkan VIIC sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini meliputi tes untuk mengukur keterampilan berpikir kritis berupa pilihan ganda beralasan dan angket tanggapan peserta didik. Adanya pengaruh penggunaan Problem Based-Blended Learning berbantu media simulasi pada keterampilan berpikir kritis dilihat dari analisis menggunakan uji t dan N-Gain. Hasil uji t dilakukan menggunakan data posttest dan diperoleh hasil thitung 5,616 > ttabel 1,9989 yang menunjukan adanya perbedaan yang signifikan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Selain itu, penggunaan Problem Based�Blended Learning berbantu media simulasi cukup efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis dengan perolehan N-Gain di kelas eksperimen sebesar 0,668 dan kelas kontrol 0,468 dengan kedua kelas berada pada kategori sedang. Didukung dengan perolehan 83,05% respon dengan kategori sangat baik dari peserta didik setelah melakukan pembelajaran Problem Based-Blended Learning berbantu media simulasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan Problem Based Blended Learning berbantu media simulasi berpengaruh pada keterampilan berpikir kritis serta memperoleh tanggapan positif dari peserta didik pada materi tata surya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: problem based blended learning, media simulasi, keterampilan berpikir kritis
Subjects: L Education > L Education (General) > Development of Learning Media
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 30 Dec 2022 01:49
Last Modified: 30 Dec 2022 01:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54456

Actions (login required)

View Item View Item