PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCE UNTUK MELATIH KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK


Eko Ady Saputra, 4001416047 (2022) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCE UNTUK MELATIH KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4001416047 - EKO ADY SAPUTRA.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Indonesia sebagai negara partisipan PISA sejak tahun 2000 selalu memperoleh hasil capaian yang berada pada level bawah dari seluruh peserta PISA. Tahun 2018 pun tak jauh berbeda dengan hasil yang sebelumnya, Indonesia menempati posisi 70 dari 79 partisipan PISA 2018. Kemampuan literasi sains yang masih rendah dapat ditingkatan melalui banyak cara. Pembelajaran menggunakan LKPD dapat membantu guru mengelola proses pembelajaran, mengarahkan peserta didik untuk menemukan konsep melalui kegiatan yang dilakukan baik secara individu maupun secara berkelompok, serta dapat membantu guru untuk memantau peserta didik mencapai tujuan pembelajaran. Multiple intelligence berkorelasi positif dengan literasi sains terutama pada aspek kecerdasan naturalis yang memiliki nilai korelasi paling tinggi karena salah satu indikator kompetensi tersebut ialah mengidentifikasi, menggunakan, dan menghasilkan model dan representasi yang jelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik serta validitas LKPD berbasis multiple intelligence untuk melatih kemampuan literasi sains peserta didik. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan 4D yang direduksi. Hasil penelitian menunjukan LKPD yang dikembangkan memiliki karakteristik yaitu memiliki bagian pendahuluan dan inti, memiliki 4 multiple intelligence, berisi konten materi untuk melatih kemampuan literasi sains, serta memuat materi cahaya dan alat optik. Hasil uji validitas LKPD oleh para ahli memperoleh hasil yang sangat valid. Sebaiknya dilakukan pengembangan LKPD berbasis Multiple intelligence pada materi lainya. Perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk melihat keefektifan LKPD yang telah dikembangkan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: LKPD, Multiple intelligence
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 30 Dec 2022 01:42
Last Modified: 30 Dec 2022 01:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54454

Actions (login required)

View Item View Item