PENGEMBANGAN E-MODUL IPA BERBANTUAN MAZE POINT PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN UNTUK MELATIH KEMANDIRIAN SISWA


Yosi Kartika Putri, 4001416003 (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL IPA BERBANTUAN MAZE POINT PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN UNTUK MELATIH KEMANDIRIAN SISWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4001416003_Yosi Kartika Putri - Yosi Kartika Putri.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penguasaan materi dan teknik mengajar adalah salah satu kunci proses pembelajaran tersebut sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Pada hasil observasi yang telah dilakukan di SMP N 1 Mejobo Kudus menunjukkan kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru masih menggunakan metode teacher center, sehingga siswa lebih cepat bosan dan tidak fokus pada materi yang diajarkan saat proses pembelajaran berlangsung. Selain itu, perilaku yang dilakukan siswa tersebut menunjukkan tingkat kemandirian belajar siswa cukup rendah dalam kegiatan pembelajaran. Salah satu bahan ajar yang dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa adalah e-modul. E-modul adalah bahan belajar yang dirancang secara sistematis berdasarkan kurikulum tertentu dan dikemas dalam bentuk satuan waktu tertentu, yang ditampilkan menggunakan piranti elektronik misalnya komputer atau android. Untuk menunjang proses pembelajaran dan menambah ketertarikan siwa dalam belajar peneliti menggunakan bantuan maze point pada e-modulnya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis karakteristik dan validitas e-modul berbantuan maze point pada materi pencemaran lingkungan. Desain penelitian yang digunakan yaitu model pengembangan 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan. Model pengembangan 4D terdiri dari tahap pendefinisian (Define), tahap perancangan (Design), tahap pengembangan (Develop), dan tahap diseminasi (Disseminate). Namun pada penelitian ini hanya sampai pada tahap pengembangan (Develop) dengan uji validitas kelayakan produk yang dilakukan oleh lima validator. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul mempunyai karakteristik: (1) berbantuan maze point, (2) berdasarkan prinsip�prinsip e-modul, (3) melatih kemandirian belajar siswa. Diperkuat dengan hasil rata-rata uji karakteristik sebesar 86,81% dengan kriteria sangat baik. Selain itu e�modul berbantuan maze point pada materi pencemaran lingkungan untuk melatih kemandirian siswa dinyatakan sangat layak dengan hasil rata-rata sebesar 85,60% pada pakar materi dan 86,84% pada pakar media 86,84%. Saran pada penelitian ini adalah: e-modul ini dapat diakses dimanapun menggunakan laptop maupun hp.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: E-Modul, Maze Point, Kemandirian Siswa
Subjects: L Education > L Education (General) > Development of Learning Media
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 30 Dec 2022 01:30
Last Modified: 30 Dec 2022 01:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54451

Actions (login required)

View Item View Item