PERANCANGAN IDENTITAS VISUAL TJILIK COFFEE SEBAGAI MEDIA PROMOSI


Ammas Ramadhani, 2411414024 (2021) PERANCANGAN IDENTITAS VISUAL TJILIK COFFEE SEBAGAI MEDIA PROMOSI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2411414024 - Ammas Ramadhani.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pada zaman globalisasi sekarang ini budaya, mobilitas, dan gaya hidup masyarakat Indonesia berubah dan cenderung menghabiskan waktu luangnya untuk bersosialisasi untuk mengunjungi tempat hiburan atau bersantai di kafe. Seiring dengan meningkatnya mobilitas dan gaya hidup masyarakat, pertumbuhan coffeeshop pun menjadi semakin pesat di berbagai kota-kota di Indonesia, seperti Tjilik Coffee di kota Semarang. Untuk coffeeshop yang terbilang baru, Tjilik Coffee memiliki permasalahan mendasar seperti belum adanya identitas yang dapat menjadi sebuah ciri khas coffeeshop dan permasalahan tentang jenis promosi serta media yang efektif digunakan sebagai media promosi. Perancangan identitas visual serta penerapannya dalam media promosi adalah solusi yang dinilai dapat mengatasi permasalan Tjilik Coffee dan dapat membentuk ciri khas yang dapat meningkatkan nilai jual coffeeshop dimata masyarakat. Proses perancangan identitas visual yang sekaligus menjadi tema perancangan Proyek Studi ini dibagi menjadi beberapa tahapan, yaitu proses preliminary, pra-produksi, produksi, dan proses pasca produksi. Perancangan identitas visual dengan tema utama klasik ini dibagi menjadi beberapa media tercetak maupun online. Selain itu, teknik cetak yang digunakan untuk mencetak media promosi meliputi digital printing, cetak tembus/sablon, dan bordir. Perancangan identitas visual yang kemudian diterapkan pada media promosi menghasilkan karya berupa logo, stationery set (Kartu nama, amplop beserta kop surat, map, notebook), brosur, poster, packaging (ice cup, hot cup, kemasan biji kopi), Uniform, vehicle, booth, merchandise (t-shirt, totebag, patch, lighter, keychain), dan digital content. Mengangkat tema klasik yang ditunjukkan desain khas berupa motif pegunungan dengan elemen garis dan pemilihan warna dominan coklat dan hijau, karya dirancang dengan mengedepankan efektifitas dan kesatuan media yang dilengkapi dengan penerapan identitas visual berupa logo pada tiap media. Selain itu, karya dirancang dengan tata letak yang hampir serupa antara satu sama lain dengan elemen pendukung seperti bentuk abstrak beroverlay sebagai foreground. Hal tersebut dilakukan untuk memberikan kesan serasi dan konsistensi dalam merancang karya. Karya dirancang dengan beberapa kegunaan seperti keperluan formal, media penyalur informasi (informatif), media yang bersifat mengajak (persuasif), serta media yang bersifat mendukung media promosi lain. Dengan adanya perancangan karya ini diharapkan dapat meningkatkan dan membantu nama Tjilik Coffee dalam bidang visual sebagai sebuah coffeeshop yang memiliki ciri khas dan diharapkan dapat memperluas segmentasi pasar yang dituju secara optimal, serta dapat memberikan image yang baik dihadapan masyarakat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: identitas visual, media promosi, coffeeshop, Tjilik Coffee
Subjects: N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Desain Komunikasi Visual, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 30 Dec 2022 01:26
Last Modified: 30 Dec 2022 01:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54450

Actions (login required)

View Item View Item