Peningkatan Keterampilan Menulis Paragraf Deskripsi melalui Media Visualisasi Gambar dengan Metode Resitasi Siswa Kelas II SD Negeri Sarimulyo 3 Kabupaten Pati

Arief Firmansyah, 2009 (2009) Peningkatan Keterampilan Menulis Paragraf Deskripsi melalui Media Visualisasi Gambar dengan Metode Resitasi Siswa Kelas II SD Negeri Sarimulyo 3 Kabupaten Pati. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Peningkatan Keterampilan Menulis Paragraf Deskripsi melalui Media Visualisasi Gambar dengan Metode Resitasi Siswa Kelas II SD Negeri Sarimulyo 3 Kabupaten Pati) - Published Version
Download (34Kb)

    Abstract

    Firmansyah, Arief. 2009. Peningkatan Keterampilan Menulis Paragraf Deskripsi melalui Media Visualisasi Gambar dengan Metode Resitasi Siswa Kelas II SD Negeri Sarimulyo 3 Kabupaten Pati. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I: Drs. Wagiran, M.Hum., Pembimbing II: Dr. Agus Nuryatin M.Hum. Kata kunci: paragraf deskripsi, media visualisasi gambar, metode resitasi. Keterampilan menulis paragraf deskripsi siswa kelas II SD Negeri Sarimulyo Kabupaten Pati belum memenuhi harapan dan perlu ditingkatkan. Hal ini disebabkan oleh model pembelajaran yang kurang tepat sehingga siswa merasa malas dan bosan pada saat mengikuti pembelajaran pada saat mendengarkan cemarah guru. Peningkatan keterampilan menulis paragraf deskripsi dilakukan dengan menggunakan media gambar dan metode resitasi Berdasarkan paparan di atas, penelitian ini membahas permasalahan (1) berapa besar keterampilan menulis paragraf deskripsi siswa kelas II SD Negeri Sarimulyo 3 Kabupaten Pati dapat ditingkatkan melalui media visualisasi gambar dengan metode resitasi? dan (2) Bagaimana perubahan siswa di kelas II SD Negeri Sarimulyo 3 Kabupaten Pati dalam mengikuti pembelajaran menulis paragraf melalui media visualisasi gambar dengan metode resitasi? Tujuan penelitian ini adalah: pertama untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis paragraf deskripsi siswa kelas II SD Negeri Sarimulyo 3 Kabupaten Pati, tujuan kedua adalah untuk mengetahui perubahan perilaku siswa kelas II SD Negeri Sarimulyo 3 Kabupaten Pati terhadap pembelajaran menulis paragraf deskripsi setelah dilakukan pembelajaran melalui model pembelajaran melalui media visulisasi gambar dengan metode resitasi. Manfaat penelitian ini adalah secara teoretis dan praktis. Secara teoretis dapat di manfaatkan untuk meningkatkan mutu pendidikan dan mempertinggi interaksi belajar mengajar. Manfaat praktis penelitian ini dapat digunakan oleh guru, siswa, dan sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas dengan dua siklus yang dilaksanakan pada siswa kelas II SD Negeri Sarimulyo 3 Kabupaten Pati. Tiap siklus terdiri atas tahap pelaksanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah keterampilan menulis paragraf deskripsi melalui media visualisasi gambar dengan metode resitasi. Pengambilan data nontes berupa pedoman observasi, wawancara, jurnal, dan dokumentasi foto. Analisis data dilakukan dengan teknik kuantitatif dan kualitatif.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: paragraf deskripsi, media visualisasi gambar, metode resitasi.
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
    Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
    Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
    Date Deposited: 11 Oct 2011 21:38
    Last Modified: 18 Oct 2011 22:56

    Actions (login required)

    View Item