PERANCANGAN ILUSTRASI BERBASIS DIGITAL SEBAGAI GRAFIS PAPAN CARCASS SKATEBOARD DAN PENERAPANNYA PADA MEDIA SKATEBOARD


Ajun Hermawan, 2411414021 (2021) PERANCANGAN ILUSTRASI BERBASIS DIGITAL SEBAGAI GRAFIS PAPAN CARCASS SKATEBOARD DAN PENERAPANNYA PADA MEDIA SKATEBOARD. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2411414021 - ajun hermawan.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Carcass skateboard adalah sebuah merek skateboard yang berasal dari Semarang berdiri pada tahun 2004, di dirikan oleh Supriyono asal Semarang selaku atau pemilik toko Rumah Papan skate shop dan produk merek Carcass, Rumah Papan adalah sebuah toko perlengkapan skateboard yang berdiri pada tahun 2014 dan bertempat di daerah Ungaran, Kabupaten Semarang. Semakin banyaknya merek skateboard baru di Indonesia ini yang berkembang sangat cepat dan persaingan yang semakin ketat merek Carcass skateboard yang semula hanya mengeluarkan produk yang hanya bergrafis tipografi saja. Tujuan menjadi penentu batasan dan bentuk karya desain yang akan dibuat. Proses penetapan tujuan karya yang dihasilkan adalah untuk merumuskan strategi perancangan ilustrasi berbasis digital sebagai grafis papan Carcass skateboard dan penerapannya pada media skateboard. Perancangan ilustrasi berbasis digital sebagai grafis papan Carcass skateboard tersebut berguna untuk membentuk suatu strategi baru yang dimiliki Carcass skateboard, dan yang sesuai segmentasi pasar. Perancangan ilustrasi pada papan Carcass skateboard dan juga beberapa produk lain seperti kaos (t-shirt) dan Hoodie. Proses perancangan dilakukan dengan teknik digital, menggunakan software Adobe Photoshop CC dan Blender 3D. Proses Perancangan ilustrasi ini melalui beberapa tahapan proses berkarya yaitu proses pra produksi, proses produksi, proses pasca produksi. Karya yang dihasilkan ini berbasis digital yaitu berupa papan Carcass skateboard, kaos (t-shirt) dan hoodie yang nantinya akan dicetak. Semua desain ilustrasi yang dibuat mengandung visual ilustrasi hasil dari representasi “Hewan fauna endemik Jawa yang berstatus hampir punah”. Tema tersebut diambil karena di Indonesia yang memiliki kekayaan alam yang luar biasa, termasuk jenis flora dan faunanya. Dari beberapa hewan yang hampir punah khususnya hewan endemik ini yang hanya bertempat tinggal khusus disuatu tempat atau daerah, melalui visualisasi robotik dengan pendekatan kartun dan pewarnaan blend dengan kombinasi texture digital. Melalui perancangan ini dapat menjadi sebuah produk baru untuk Carecass skateboard dengan visual yang menarik. Selain itu karya juga dianalisis dari aspek teknis, aspek estetis, juga aspek komunikasi. Hasil analisis karya ditinjau secara segi estetis terlihat dari penyajian visual produk yang menampilkan objek-objek visual dengan warna-warna eye catching, sehingga menjadi sebuah daya tarik publik. Melalui perancangan ilustrasi ini diharapkan dapat menambah daya tarik pembeli produk papan Carcass skateboard kepada publik, memperluas area pemasaran, serta meningkatkan citra merek agar dapat bersaing dengan kompetitor.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: : Perancangan, Ilustrasi, Carcass, Skateboard
Subjects: N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Desain Komunikasi Visual, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 30 Dec 2022 01:22
Last Modified: 30 Dec 2022 01:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54449

Actions (login required)

View Item View Item