PEMBERITAAN RASISME ROKHAYA DIALLO DI MAJALAH VALEURS ACTUELLES DALAM PERSPEKTIF ANALISIS WACANA KRITIS NORMAN FAIRCLOUGH


Hannisa Mahbubah, 2311416033 (2021) PEMBERITAAN RASISME ROKHAYA DIALLO DI MAJALAH VALEURS ACTUELLES DALAM PERSPEKTIF ANALISIS WACANA KRITIS NORMAN FAIRCLOUGH. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2311416033 - Hannisa Mahbubah.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Rasisme merupakan masalah dalam masyarakat sosial yang tidak hanya dilakukan oleh individu melainkan juga dilakukan oleh seluruh kelompok termasuk lembaga atau instansi tertentu. Media sebagai institusi yang merepresentasikan realitas sosial dalam pemberitaannya, sering kali melakukan tindakan rasis yang disebabkan oleh adanya berbagai kepentingan, konflik dan fakta yang kompleks dan beragam di dalamnya. Hal ini seperti yang terdapat dalam majalah berita Valeurs Actuelles yang memberitakan Rokhaya Diallo, aktivis anti-rasis dan korban rasisme dengan citra negatif. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan praktik rasisme, menginterpretasikan proses produksi dan konsumsi praktik rasisme serta menjelaskan hegemoni yang terdapat dalam teks pemberitaan Rokhaya Diallo di majalah Valeurs Actuelles. Penelitian ini menggunakan pendekatan teoretis analisis wacana kritis Norman Fairclough dan pendekatan metodologis deskriptif kualitatif. Data penelitian ini berupa kata, frasa dan kalimat yang diduga mengandung praktik rasisme yang terdapat dalam 13 wacana pemberitaan rasis dalam majalah Valeurs Actuelles Perancis pada tahun 2017 hingga tahun 2020. Metode pengambilan data yang digunakan ialah metode simak. Kemudian, analisis data dilakukan melalui tiga tahapan analisis, yaitu tahap deskripsi, interpretasi dan eksplanasi. Pemaparan hasil analisis data menggunakan metode penyajian informal. Berdasarkan analisis data, ditemukan kosakata dan konstruksi kalimat yang merepresentasikan rasisme melalui aspek pola klasifikasi, relasi makna antonim, metafora, kosakata informal, evaluasi negatif, kalimat aktif dengan tipe proses material, kalimat negatif, kalimat deklaratif, modalitas dan pronomina persona. Praktik rasisme juga ditemukan melalui narasumber terpilih yang dihadirkan dalam berita dan urutan penulisan berita yang menunjukkan ketidaksetaraan sosial dan kontrol media. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Valeurs Actuelles telah menghegemoni pembaca dengan cara memberitakan Rokhaya Diallo dengan citra negatif secara terus�menerus.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hegemoni, ketidaksetaraan sosial, kontrol, rasisme
Subjects: P Language and Literature > PU French Literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Perancis (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 29 Dec 2022 07:38
Last Modified: 29 Dec 2022 07:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54434

Actions (login required)

View Item View Item