MODUS DAN KALA PADA KALIMAT BERMAKNA PERINTAH (L'INJONCTION) DALAM NOVEL LES MALHEURS DE SOPHIE KARYA LA COMTESSE DE SÉGUR


Eva Wresni Hapsari, 2311416005 (2021) MODUS DAN KALA PADA KALIMAT BERMAKNA PERINTAH (L'INJONCTION) DALAM NOVEL LES MALHEURS DE SOPHIE KARYA LA COMTESSE DE SÉGUR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2311416005 - Eva Wresni Hapsari.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (844kB) | Request a copy

Abstract

Perintah (l'injonction) adalah setiap sikap tuturan yang dimaksudkan untuk membuat lawan tutur berperilaku sesuai dengan keinginan penutur, apakah itu perintah atau pembelaan. Perintah (l'injonction) secara struktural diekspresikan dalam bentuk kalimat perintah (injonctif), namun secara fungsional dapat juga diekspresikan dengan bentuk kalimat lainnya, seperti kalimat nominal, kalimat deklaratif, dan kalimat interogatif. Sehubungan dengan hal tersebut, penelitian ini berfokus pada modus dan kala yang terdapat pada kalimat bermakna perintah (l'injonction) dalam sebuah novel Prancis berjudul Les Malheurs de Sophie karya La Comtesse de Ségur. Penelitian ini menggunakan pendekatan deduktif, yaitu suatu pendekatan yang berawal dari perumusan hipotesis dan kemudian memverifikasinya dengan analisis atau eksperimen (Guidére 2004:29). Adapun data yang digunakan dalam penelitian ini berupa kalimat yang diduga mengandung makna perintah (l'injonction) dengan sumber data berupa novel yang berjudul Les Malheurs de Sophie karya La Comtesse de Ségur. Metode pengumpulan data yang digunakan ialah metode simak dan diwujudkan dengan teknik dasar, yaitu teknik sadap dan teknik lanjutan, yaitu teknik Simak Bebas Libat Cakap (SBLC) diikuti dengan teknik catat. Metode analisis yang digunakan adalah metode padan referensial dengan teknik dasar pilah unsur penentu (PUP), kemudian dilanjutkan dengan teknik hubung banding menyamakan (HBS). Dalam penelitian ini, modus yang ditemukan pada kalimat bermakna perintah (l'njonction) adalah modus imperatif sebanyak 188 data, modus indikatif sebanyak 15 data dan modus subjonctif sebanyak 1 data. Adapun terdapat data tanpa modus sebanyak 2 data. Modus imperatif mendominasi karena novel ini mengisahkan kenakalan seorang anak bernama Sophie yang sering kali tidak patuh kepada perkataan orang tua atau orang di sekitarnya sehingga ia banyak diberi perintah atau larangan yang diungkapkan secara langsung. Selanjutnya, kala yang ditemukan adalah kala kini sebanyak 196 data dan kala futur sebanyak 8 data. Adapun terdapat data tanpa kala sebanyak 2 data. Kala kini mendominasi karena adanya kaitan dengan modus yang mendominasi, yaitu modus imperatif. Modus imperatif ini pada hakikatnya berkala kini walaupun secara teoretis juga berkala lampau, namun hal tersebut tidak ditemukan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: perintah, kalimat, modus, kala.
Subjects: P Language and Literature > PU French Literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Prancis (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 29 Dec 2022 07:23
Last Modified: 29 Dec 2022 07:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54432

Actions (login required)

View Item View Item