EFEKTIVITAS BUKU SAKU UNTUK KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA ARAB DI KELAS VII SMPIT BINA AMAL SEMARANG


Muhammad Adam Syaifulloh, 2303417046 (2021) EFEKTIVITAS BUKU SAKU UNTUK KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA ARAB DI KELAS VII SMPIT BINA AMAL SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2303417046 - MUHAMMAD ADAM SYAIFULLOH.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Keterampilan membaca merupakan keterampilan yang harus dicapai siswa dalam pembelajaran bahasa Arab karena merupakan dasar dalam pembelajaran bahasa Arab. Kemampuan membaca dikelas VII SMPIT Bina Amal Kota Semarang masih tergolong rendah. Antusias dan keaktifan murid masih cukup kurang dikarenakan ada beberapa faktor. Ada yang antusias karena suka dan sudah pernah belajar bahasa Arab dan ada yang kurang antusias karena belum pernah belajar bahasa Arab.Selain itu, kurangnya variasi media yang diterapkan guru. Sehingga murid hanya akan belajar bahasa Arab ketika ada didalam kelas saja. Oleh karena itu perlu adanya variasi media yang inovatif yang menyenangkan sehingga dapat menarik minat murid dalam mempelari bahasa Arab dimanapun sehingga murid akan terbiasa dengan huruf dan bacaan bahasa Arab. Salah satunya dengan menerapkan media buku saku untuk meningkatkan keterampilan membaca dikelas VII SMPIT Bina Amal Kota Semarang. Jenis dan desain penelitian ini adalah kuantitatif dan kuasi eksperimen dengan pola nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non-tes. Teknik analisis datanya adalah uji hipotesis. Hasil penelitian diketahui bahwa implementasi penggunaan buku saku dalam kegiatan pembelajaran untuk keterampilan membaca bahasa Arab di kelas VII SMPIT Bina Amal Kota Semarang cukup efektif. Hal ini dibuktikan berdasarkan adanya hasil test yaitu pada kelas kontrol rata-rata nilai pre test adalah 75,82 dan rata�rata nilai post test 89,17. Adapun kelas eksperimen dengan rata-rata nilai pre test 60,58 dan rata-rata nilai post test 92,78. Dari perhitungan ttest menggunakan spss diperoleh nilai thitung kelas eksperimen diperoleh signifikasi pre-test dan post-test kelas eksperimen sebesar 0,000 yang artinya (sig < 0,05). Hal ini membuktikan bahwa adanya peningkatan rata-rata dari hasil pre-test dan post-test kelas eksperimen, hal tersebut membuktikan bahwa terdapat pengaruh media buku saku terhadap hasil post-test kelas eksperimen. Maka terjadi penolakan pada Ho, dan yang diterima adalah Ha yaitu penggunaan media buku saku efektif untuk keterampilan membaca bahasa Arab kelas VII SMPIT Bina Amal Semarang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media buku saku, Keterampilan membaca,
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 29 Dec 2022 07:06
Last Modified: 29 Dec 2022 07:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54429

Actions (login required)

View Item View Item