PENGEMBANGAN KAMUS TEMATIK DWIBAHASA (ARAB-MINANG) UNTUK PENUNJANG PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS VII MTS DI KABUPATEN AGAM


Rahmatul Husni, 2303417013 (2021) PENGEMBANGAN KAMUS TEMATIK DWIBAHASA (ARAB-MINANG) UNTUK PENUNJANG PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS VII MTS DI KABUPATEN AGAM. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2303417013 - Rahmatul Husni.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan siswa kelas VII yang mengalami kesulitan dan masih merasa Asing dengan pembelajaran bahasa Arab, tidak banyak dari siswa tersebut yang mempelajari bahasa Arab pada tingkat Dasar, sehingga menyebabkan siswa kelas VII MTs kesulitan untuk menguasai kosakata dan memahami teks bahasa Arab. Oleh karena itu, pengembangan Kamus Tematik Dwibahasa Arab-Minang sangat dibutuhkan siswa untuk penunjang pembelajaran Bahasa Arab bagi siswa kelas VII MTs di Kabupaten Agam. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini yaitu: (1) bagaimana analisis kebutuhan guru dan siswa terhadap kamus tematik dwibahasa (Arab-Minang) sebagai penunjang pembelajaran untuk siswa kelas VII MTs, (2) bagaimana prototipe kamus tematik dwibahasa (Arab-Minang) sebagai penunjang pembelajaran untuk siswa kelas VII MTs, (3) bagaiaman validasi ahli dan guru terhadap prototipe kamus tematik dwibahasa (Arab-Minang) sebagai penunjang pembelajaran untuk siswa kelas VII MTs. Penelitian ini menggunakan mix method yaitu metode kualitatif dan kuantitatif dengan desain penelitian Reseach and Development (R&D) yaitu penelitian pengembangan. Tahapan yang dilalui dalam penelitian menggunakan 3 tahapan dari 5 tahapan penelitian yaitu, tahap analyze, design, develop, dan evaluate. Hasil penelitian ini yaitu, sebagai berikut: Pertama, guru dan siswa menghendaki adanya pengembangan kamus tematik dwibahasa (Arab-Minang) untuk penunjang pembelajaran bahasa Arab siswa kelas VII MTs. Kedua, prototipe kamus ini memuat 3 tema yaitu, َالعنوا) alamat), البيت) rumah) dan ةُاألس يوميات) kegiatan sehari�sehari keluarga) dan terdiri dari tiga komponen yaitu, bagian awal (pendahuluan kamus), bagian inti (isi kamus), bagian penutup (pelengkap kamus). Ketiga, penilain pada aspek kelayakan materi memperoleh nilai 92,7. Pada aspek kelayakan penyajian memperoleh nilai 94,45. Pada aspek kelayakan bahasa memperoleh nilai 91,80. Pada aspek kelayakan kegrafikan memperoleh nilai 91,51. Nilai keseluruhan aspek kamus tematik dwibahasa Arab-Minang adalah 92, 61 dengan kategori sangat layak/sangat sesuai pada setiap aspek, sehingga dapat digunakan sebagai penunjang pembelajaran bahasa Arab siswa kelas VII MTs.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kamus Tematik, Dwibahasa (Arab-Minang), Pembelajaran Bahasa Arab
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 29 Dec 2022 06:54
Last Modified: 29 Dec 2022 06:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54427

Actions (login required)

View Item View Item