PENGEMBANGAN METODE SUZUKI DAN TOTAL PHYSICAL RESPONSE (TPR) UNTUK PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA ANAK USIA DINI DI KOTA SEMARANG


: Hervira Aghnia Zahra Ramadhana, 2303416025 (2021) PENGEMBANGAN METODE SUZUKI DAN TOTAL PHYSICAL RESPONSE (TPR) UNTUK PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA ANAK USIA DINI DI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2303416025 - Hervira Aghnia Zahra Ramadhana.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya variasi metode yang digunakan oleh guru sehingga terkesan monoton dan anak kesulitan mengingat kosakata yang diajarkan. Selain itu guru cenderung menjadi pusat pembelajaran dan anak hanya mendengarkan. Oleh karena itu, pengembangan metode Suzuki dan Total Physical Response (TPR) untuk pembelajaran Bahasa Arab pada anak usia dini diperlukan agar proses pembelajaran dalam suasana yang menyenangkan, anak ikut terlibat aktif, dan mudah mengingat kosakata yang diajarkan. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini yaitu : (1) bagaimana analisis kebutuhan guru terhadap metode Suzuki dan Total Physical Response (TPR) untuk pembelajaran Bahasa Arab pada anak usia dini di Kota Semarang, (2) bagaimana purwarupa metode Suzuki dan Total Physical Response (TPR) untuk pembelajaran Bahasa Arab pada anak usia dini di Kota Semarang, dan (3) bagaimana penilaian pakar/ahli dan guru terhadap purwarupa metode Suzuki dan Total Physical Response (TPR) untuk pembelajaran Bahasa Arab pada anak usia dini di Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian mix method atau kuantitatif dengan desain penelitian dan pengembangan (Research and Development). Tahap penelitian yang dilalui dalam penelitian ini hanya sampai pada tahap lima dari sepuluh tahap, yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, dan revisi desain. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, guru menghendaki adanya pengembangan metode Suzuki dan TPR untuk pembelajaran Bahasa Arab pada anak usia dini di Kota Semarang. Kedua, purwarupa metode pembelajaran ini memuat latar belakang lahirnya metode ini, langkah pembelajaran yang meliputi pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup, lagu serta contoh gerakan. Ketiga, hasil validasi ahli dan guru sebagai praktisi terhadap purwarupa pengembangan metode Suzuki dan TPR untuk pembelajaran Bahasa Arab pada anak usia dini di Kota Semarang dengan aspek penilaian kelayakan isi/materi, kelayakan penyajian, Bahasa, dan kelayakan metode dengan total rata-rata nilai 85,105 dinyatakan layak digunakan dengan revisi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Metode, Suzuki, Total Physical Response, Bahasa Arab, Anak Usia Dini
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 29 Dec 2022 04:45
Last Modified: 29 Dec 2022 04:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54423

Actions (login required)

View Item View Item