ANALISIS KUALITAS MODUL BAHASA JEPANG KELAS X SMA KRISTEN YSKI SEMARANG DENGAN STANDAR PENILAIAN BSNP


Maria Melania Dwi Oktaputri, 2302416026 (2020) ANALISIS KUALITAS MODUL BAHASA JEPANG KELAS X SMA KRISTEN YSKI SEMARANG DENGAN STANDAR PENILAIAN BSNP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2302416026 - Maria Melania Dwi Oktaputrii.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Dalam pembelajaran bahasa Jepang selain dibutuhkan guru yang berkompeten dan menguasai bahasa Jepang yang diperlukan, tetapi juga membutuhkan bahan ajar yang sesuai. Dalam penyusunan bahan ajar, terutama buku teks diperlukan suatu pedoman, salah satunya adalah pedoman penilaian buku teks pembelajaran yang dikeluarkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas isi, kualitas penyajian, dan kualitas bahasa dari modul bahasa Jepang SMA Kristen YSKI Semarang yang berjudul Nihongo Kyoukasho berdasarkan kriteria penilaian buku ajar bahasa Jepang yang dikeluarkan BSNP Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah isi dari modul Nihongo Kyoukasho. Sumber data dalam penelitian ini yaitu modul Nihongo Kyoukasho. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi. Metode analisis yang digunakan adalah metode content analysis (analisis isi) Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam modul Nihongo Kyoukasho pada aspek kualitas isi subkomponen keseusuaian materi dengan KI KD, keakuratan materi, dan keberdayagunaan materi termasuk dalam kriteria baik. Sedangkan untuk subkomponen menumbuhkan minat tergolong dalam kriteria kurang baik. Pada aspek kualitas penyajian, dapat diketahui subkomponen teknik penyajian, pendukung penyajian, dan penyajian pembelajaran tergolong dalam kriteria baik. Pada aspek kualitas bahasa dapat diketahui subkomponen keakuratan penggunaan bahasa, komunikatif, dan kesesuaian dengan tingkat perkembangan peserta didik tergolong dalam kriteria sangat baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas, buku teks, pedoman penilaian BSNP
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 29 Dec 2022 03:43
Last Modified: 29 Dec 2022 03:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54411

Actions (login required)

View Item View Item