Respon Mahasiswa Universitas Negeri Semarang Terhadap Duolingo Sebagai Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Jepang


Aditya Khoirussai, 2302416020 (2021) Respon Mahasiswa Universitas Negeri Semarang Terhadap Duolingo Sebagai Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Jepang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2302416020 - Aditya Khoirussai.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Mahasiswa Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Semarang dalam meningkatkan kemampuan Bahasa Jepangnya maka diperlukan adanya media pembelajaran yang mumpuni agar kemampuan Bahasa Jepangnya meningkat, salah satunya adalah aplikasi Duolingo. Peneliti merasa bahwa dengan penggunaan duolingo terdapat dampak yang baik dan kurang baik jika digunakan sebagai media untuk mempelajari Bahasa Jepang, dari pikiran tersebut peneliti menjadi tertarik dengan respon mahasiswa lain tentang duolingo jika digunakan sebagai media untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Jepang, penelitian ini bertujuan untuk menjawab rumusan masalah “Bagaimana tanggapan mahasiswa tentang duolingo sebagai media pembelajaran mandiri untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Jepang?”. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan sampel 23 orang dari mahasiswa Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Semarang angkatan 2016 dan 2017. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data pada penelitian ini adalah angket dan wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya kelebihan dan kekurangan dari duolingo jika digunakan sebagai media pembelajaran untuk mempelajari aspek-aspek seperti moji-goi, bunpou, chokai dan dokkai dalam meningkatkan kemampuan Bahasa Jepang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Duolingo, Bahasa Jepang, Media Pembelajaran
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 29 Dec 2022 03:38
Last Modified: 29 Dec 2022 03:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54410

Actions (login required)

View Item View Item