Pembelajaran Ekstrakurikuler Ansambel Gesek Di Sma Negeri 03 Semarang

Yudi A Tezar, 2008 (2008) Pembelajaran Ekstrakurikuler Ansambel Gesek Di Sma Negeri 03 Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Pembelajaran Ekstrakurikuler Ansambel Gesek Di Sma Negeri 03 Semarang) - Published Version
Download (23Kb)

    Abstract

    Tezar, Yudi A. 2008. Pembelajaran Ekstrakurikuler Ansambel Gesek Di Sma Negeri 03 Semarang”.Skripsi: Pendidikan Seni Musik, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang, Sekolah adalah salah satu lembaga pendidikan yang menyelenggarakan proses belajar mengajar untuk membimbing, membina dan mengembangkan potensi anak didik untuk mencapai tujuan pendidikan. Dalam pelaksanaan kurikulum di sekolah terdapat dua kegiatan belajar dan pembelajaran yang saling terkait dan melengkapi, yaitu kegiatan kurikuler dan kegiatan ekstrakurikuler. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pembelajaran kegiatan Pembelajaran Ekstrakurikuler Ansambel Gesek Di SMA Negeri 03 Semarang dilihat dari segi tujuan, materi, metode serta evaluasinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikannya. Hasil penelitian itu diharapkan dapat bermanfaat sebagai acuan pengembangan pengetahuan siswa, mengasah bakat siswa, perangsang bagi siswa untuk lebih berkreasi, berapresiasi terhadap kegiatan ekstrakurikuler band dan informasi kepada kepala sekolah dan guru seni musik sebagai bahan masukan guna mengupayakan dan meningkatkan kegiatan ekstrakurikuler band. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan pendekatan deskriptif kualitatif, Sumber data diperoleh dari hasil wawancara dengan siswa, pengajar ekstrakurikuler band, kepala sekolah dan staff tata usaha di SMA Negeri 3 Semarang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan analisis data interaktif. Hasil penelitian menujukkan proses pembelajaran kegiatan ekstrakurikuler ansambel gesek di SMA Negeri 03 Semarang sesuai dengan kurikulum yang telah ditetapkan. Dalam proses pembelajarannya menerapkan metode ceramah, tanya jawab demonstrasi dan drill, dan proses pembelajarannya ada sepuluh tahapan, tahap yang pertama dan kedua adalah materi pembelajaran teori musik, tahap yang ketiga sampai lima materi pembelajaran cara memegang biola, tahap enam sampai tujuh cara menentukan arah gesekan,tahap delapan sampai sembilan memainkan senar 1, 2, dan 3 serta cara menggesek senar dengan jari 1, 2, dan 3, tahap yang terakhir sepuluh yaitu memainkan lagu-lagu seperti: Lightly Row. Untuk evaluasinya sendiri menggunakan tes unjuk kerja Berdasarkan kesimpulan penulis memberikan saran, pengajar harus lebih kreatif lagi dalam mengemas suatu materi pembelajaran yang akan disampaikan kepada siswa, sehingga siswa dapat termotivasi lagi dalam kegiatan ekstrakurikuler gesek. Pengajar dan siswa lebih memperhatikan kondisi peralatan musik dan bersama-sama menjaga peralatan musik yang digunakan.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
    Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
    Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
    Date Deposited: 11 Oct 2011 21:33
    Last Modified: 18 Oct 2011 22:56

    Actions (login required)

    View Item