KESESUAIAN MATERI LATIHAN MENYIMAK DALAM SITUS BONJOUR DE FRANCE DAN GABFLE SEBAGAI BAHAN AJAR ALTERNATIF MATA KULIAH COMPRÉHENSION ORALE INTERMÉDIAIRE


Zulaiha Widiyana, 2301417002 (2021) KESESUAIAN MATERI LATIHAN MENYIMAK DALAM SITUS BONJOUR DE FRANCE DAN GABFLE SEBAGAI BAHAN AJAR ALTERNATIF MATA KULIAH COMPRÉHENSION ORALE INTERMÉDIAIRE. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2301417002 - Zulaiha Widiyana.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Dalam dunia pendidikan, perkembangan internet sangat memberikan dampak yang sangat signifikan. Pemanfaatan internet dalam bidang ini telah di lakukan sejak beberapa tahun yang lalu, dan saat ini penggunaan internet semakin kian terasa dengan lahirnya situs pembelajaran online. Dengan melihat manfaat jaringan internet sebagai sumber dan sarana pembelajaran ini lahirlah situs situs pembelajaran bahasa Perancis berbasis internet. Contoh dari situs online untuk pembelajaran Bahasa perancis tersebut adalah situs Bonjour de France dan Gablfe. Kedua situs ini menyediakan materi dan latihan soal dari berbagai tingkatan DELF yang dapat dimanfaatkan dalam Compréhension Orale Intermédiaire. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui jumlah materi menyimak tingkat A2 yang berada di dalam situs Bonjour de France dan Gabfle dan mendiskripsikan materi menyimak tingkat DELF A2 yang paling sesuai dari situs Bonjour de France dan Gabfle dengan Rencana Pembelajaran Semester untuk Compréhension Orale Intermédiaire. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif serta menggunakan metode dokumentasi untuk mengumpulkan data berupa audio dan atau video dari kedua situs. Dalam menganalisis data yang didapatkan digunakan Teknik analisis isi pesan dengan menggunakan kartu data yang disusun berdasarkan Rencana Pembelajaran Semester untuk Compréhension Orale Intermédiaire. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan menunjukkan bahwa situs Bonjour de France memiliki 11 dari 22 (50%) materi yang sesuai dengan CPMK dan bahan kajian dalam RPS. Di sisi lain situs Gabfle memiliki 20 dari 30 (66%) materi yang sesuai dengan CPMK dan bahan kajian dalam RPS. Dengan presentase masing masing 50% untuk situs Bonjour de France dan 66% untuk situs Gabfle, menunjukan kedua situs tersebut dapat menjadi sumber materi menyimak tingkat DELF A2. Akan tetapi materi menyimak dalam situs Gabfle lah yang paling sesuai dengan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) dan dapat menjadi bahan ajar alternatif untuk Compréhension Orale Intermédiaire.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Bonjour de france, DELF A2, Gabfle, menyimak, situs online
Subjects: P Language and Literature > PDA French Languages
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Prancis (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 29 Dec 2022 02:21
Last Modified: 29 Dec 2022 02:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54400

Actions (login required)

View Item View Item