STRATEGI BELAJAR UNTUK KETERAMPILAN BERBICARA MAHASISWA SEMESTER VI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA PERANCIS UNNES


Renita Fitriani, 2301413003 (2020) STRATEGI BELAJAR UNTUK KETERAMPILAN BERBICARA MAHASISWA SEMESTER VI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA PERANCIS UNNES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2301413003 - Renita Fitriani.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penerapan strategi belajar merupakan salah satu factor penting dalam kegiatan berbicara bahasa asing. Strategi belajar adalah cara belajar secara mandiri sesuai keinginan pembelajar agar proses pembelajaran lebih efektif. Dapat dikatakan setiap pembelajar mempunyai strategi belajar yang berbeda-beda. Di UNNES penelitian tentang strategi belajar belum banyak diteliti sehingga penulis melakukan penelitian deskriptif dengan tujuan mendeskripsikan penggunaan strategi-strategi belajar bahasa Perancis mahasiswa semester VI Program Studi Pendidikan Bahasa Perancis Universitas Negeri Semarang untuk keterampilan berbicara. Variabel dalam penelitian ini adalah strategi belajar keterampilan berbicara mahasiswa semester VI prodi Pendidikan Bahasa Perancis di Universitas Negeri Semarang.Penelitian ini merupakan penelitian populasi, karena jumlah responden kurang dari 100 orang. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah kuesioner/angket, penelitian ini menggunakan validitas konstruk, dan untuk mengukur reliabilitas digunakan rumus korelasi product-moment. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis dengan menggunakan rumus analisis deskriptif persentase. Berdasarkan hasil pengumpulan data dan analisis, dapat disimpulkan bahwa,strategi belajar untuk keterampilan berbicara yang digunakan mahasiswa semester VI Program Studi Pendidikan Bahasa Perancis Universitas Negeri Semarang adalah strategi memori, strategi kognitif, strategi kompensasi, strategi metakognitif, strategi afektif, dan strategi sosial. Strategi yang paling banyak digunakan mahasiswa adalah strategi kompensasi. Kemudian, penggunaan strategi belajar oleh mahasiswa pada setiap strategi menunjukkan kategori tinggi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: strategi belajar, keterampilan berbicara
Subjects: P Language and Literature > PDA French Languages
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Prancis (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 29 Dec 2022 02:07
Last Modified: 29 Dec 2022 02:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54398

Actions (login required)

View Item View Item