Upaya Dinas Pendidikan Kabupaten Pati Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pasca Sertifikasi Profesi Guru


Muntiaroh , 3401407019 (2011) Upaya Dinas Pendidikan Kabupaten Pati Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pasca Sertifikasi Profesi Guru. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Upaya Dinas Pendidikan Kabupaten Pati Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pasca Sertifikasi Profesi Guru]
Preview
PDF (Upaya Dinas Pendidikan Kabupaten Pati Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pasca Sertifikasi Profesi Guru) - Published Version
Download (18MB) | Preview

Abstract

Di dalam Undang-undang Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, diamanatkan bahwa guru mempunyai fungsi, peran, dan kedudukan yang strategis dalam pembangunan nasional di bidang pendidikan dan karenanya perlu dikembangkan sebagai profesi yang bermartabat. Dalam menghasilkan tenaga profesional, Ditjen PMPTK melaksanakan program sertifikasi guru untuk meningkatkan kompetensinya, sehingga layak menjadi guru profesional. Dinas Pendidikan Kabupaten Pati merupakan sebuah instansi yang mempunyai kewenangan desentralisasi pendidikan dalam wilayah Kabupaten / Kota. Dalam hal ini Dinas Pendidikan Kabupaten Pati melakukan berbagai pembinaan dan pengembangan guru pasca sertifikasi, tetapi setelah dilakukan berbagai pembinaan dan pengembangan kompetensi guru pasca sertifikasi, kinerja guru belum menunjukkan adanya perubahan ke arah yang lebih baik. Tujuan penelitian ini: (1) Untuk mengetahui program unggulan Dinas Pendidikan Kabupaten Pati dalam meningkatkan kinerja guru pasca sertifikasi profesi guru, (2) Untuk mengetahui fokus pembinaan ke empat kompetensi (kompetensi paedagogik, kompetensi profesional, kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial) oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Pati, dan (3) Untuk mengetahui kendala yang di hadapi Dinas Pendidikan Kabupaten Pati dalam meningkatkan kinerja guru pasca sertifikasi profesi guru. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pendekatan tersebut dipilih agar Upaya Dinas Pendidikan Kabupaten Pati Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pasca Sertifikasi, dapat dinilai dan dideskripsikan secara jelas. Lokasi penelitian ini adalah kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Pati. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode dokumentasi, metode observasi, dan metode wawancara. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan interactive model dengan tahap-tahap analisis data yaitu data reduction (reduksi data), display (penyajian data) dan conclucion drawing / verification. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Dinas Pendidikan Kabupaten Pati dalam meningkatkan kinerja guru pasca sertifikasi melalui kegiatan dan / program KKG/MGMP, seminar, workshop, training dan teaching clinic yang secara langsung diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Pati maupun di bawah naungan Dinas Pendidikan Kabupaten Pati melalui forum KKG / MGMP, MKKS. Dalam kegiatan pembinaan dan pengembangan masing-masing kompetensi guru dalam sebuah pertemuan ada yang hanya memfokuskan satu atau dua kompetensi dan ada pula yang empat kompetensi sekaligus seperti pembinaan dan pengembangan melalui teaching clinic. Dalam pembinaan dan pengembangan selain melalui kegiatan-kegiatan / forum-forum tersebut, Dinas Pendidikan Kabupaten Pati juga memberikan penghargaan-penghargaan tertentu kepada guru, kepala sekolah dan pengawas sekolah sesuai dengan prestasi yang diraih. Selain itu Dinas Pendidikan Kabupaten Pati mempunyai keunggulan dan juga hambatan dalam melakukan pembinaan dan pengembangan kinerja guru pasca sertifikasi profesi guru. Keunggulan tersebut ialah adanya program teaching clinic serta pelaksanaan monitoring dan evaluasi, sedangkan hambatannya adalah adanya permasalahan dari dalam (internal) yaitu rendahnya motivasi guru untuk meningkatkan kompetensinya, minimnya kemampuan guru di bidang ICT (information, communication dan technology) dan permasalahan dari luar (eksternal) yaitu belum adanya program evaluasi pasca sertifikasi (skill audit), peluang pengembangan karier yang belum jelas (CDP / Continuous Professionalism Development). Saran yang dapat disampaikan yaitu upaya pembinaan dan pengembangan guru pasca sertifikasi Dinas Pendidikan Kabupaten Pati harus dilaksanakan secara terencana dan terprogram dengan sistem yang jelas serta perlunya peningkatan pelaksanaan monitoring dan evaluasi agar pembinaan dan pengembangan guru pasca sertifikasi yang dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Pati dapat terlihat out putnya, sehingga dapat memberi sumbangsih upaya apa yang harus ditingkatkan dan perlu diperbaiki. Selain hal tersebut harus ditingkatkan pula pemberian penghargaan terhadap guru, kepala dan pengawas sekolah sesuai prestasi agar dapat memotivasi kinerja guru

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kinerja Guru, Sertifikasi Profesi Guru, Hubungan Kinerja Guru dengan Sertifikasi Profesi Guru
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 12 Oct 2011 01:34
Last Modified: 25 Apr 2015 05:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/5435

Actions (login required)

View Item View Item