ANALISIS STRUKTUR DAN CIRI KEBAHASAAN WACANA IKLAN KOMERSIAL PRODUK KECANTIKAN DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DAN FACEBOOK


Istantia Yuli Insani, 2111417032 (2021) ANALISIS STRUKTUR DAN CIRI KEBAHASAAN WACANA IKLAN KOMERSIAL PRODUK KECANTIKAN DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DAN FACEBOOK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2111417032 - Istantia Yuli Insani.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Produk kecantikan saat ini merupakan salah satu produk yang memiliki banyak konsumen, karena hal tersebut perusahaan produk kecantikan menggunakan iklan sebagai media promosinya. Salah satu upaya dalam menarik konsumen untuk membaca iklan perusahaan menggunakan kata-kata dan ilustrasi yang unik dalam penyajiannya. Dalam penyajian iklan sangat diperlukan struktur dan penggunaan bahasa yang baik agar pembaca memahami maksud yang ingin diungkapkan sebuah produk di dalam iklan agar maksud dalam iklan dapat sampai kepada pembaca dan dapat terpengaruh untuk membeli produk yang sedang di iklankan. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan struktur wacana iklan komersial produk kecantikan di Instagram dan Facebook, (2) mendeskripsikan ciri kebahasaan wacana iklan komersial produk kecantikan di Instagram dan Facebook, (3) mendeskripsikan perbedaan struktur dan ciri kebahasaan wacana iklan komersial produk kecantikan di Instagram dan Facebook. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode simak, dan catat. Teknik dasarnya adalah teknik simak bebas libat cakap (SBLC) yaitu pencarian data dapat dilakukan dengan menyimak penggunaan bahasa tanpa ikut berpartisipasi dalam proses pembicaraan atau pembuatan. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode agih dan padan. Teknik penyajian data yang digunakan menggunakan metode informal. Hasil yang didapatkan pada penelitian ini yaitu 56 data struktur dan ciri kebahasaan yang ditemukan dalam iklan komersial produk kecantikan di Instagram dan Facebook. Struktur yang ditemukan pada penelitian ini adalah Headline, ilustration, signature line, dan Body copy. Ciri kebahasaan yang ditemukan adalah sebagai penggugah, mengandung daya tarik, dan mengandung informasi. Kesimpulan yang didapatkan dalam penelitian ini adalah (1) struktur yang ditemukan pada penelitian ini Headline, ilustration, signature line, dan body copy, (2) ciri kebahasaan yang ditemukan adalah sebagai penggugah, mengandung daya tarik, dan mengandung informasi, (3) perbedaan struktur serta ciri kebahasaan yang terdapat pada wacana iklan kecantikan Wardah dan Emina adalah iklan yang terdapat di Facebook lebih banyak memiliki kelengkapan struktur sedangkan iklan yang terdapat pada Instagram lebih banyak yang memiliki ketiga ciri kebahasaan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: ciri kebahasaan, wacana iklan, struktur.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Sastra
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 22 Dec 2022 07:33
Last Modified: 22 Dec 2022 07:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54323

Actions (login required)

View Item View Item