ANALISIS KESESUAIAN DAN KELAYAKAN KANAL YOUTUBE “KOK BISA?” SEBAGAI SUMBER BELAJAR TEKS EKSPLANASI PESERTA DIDIK SMP KELAS VIII


Yusnia Lathifatul Muna, 2101417100 (2021) ANALISIS KESESUAIAN DAN KELAYAKAN KANAL YOUTUBE “KOK BISA?” SEBAGAI SUMBER BELAJAR TEKS EKSPLANASI PESERTA DIDIK SMP KELAS VIII. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2101417100 - Yusnia Lathifatul Muna.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kanal Youtube menjadi salah satu sumber belajar yang sering dipilih pendidik karena mudah diakses dan menyajikan beragam materi dalam bentuk video yang menarik. Salah satunya adalah kanal Youtube “Kok Bisa?” menyajikan beragam konten edukasi dengan sajian animasi gerak yang disertai latar belakang suara manusia. Video berisikan fenomena alam yang berada di kanal Youtube “Kok Bisa?” tersebut dilihat kesesuaian isi, struktur, dan kaidah kebahasaan teks eksplanasi serta kelayakan kriteria sumber belajar. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kesesuaian isi, struktur, dan kaidah kebahasaan teks eksplanasi dalam video kanal Youtube “Kok Bisa?” sebagai sumber belajar peserta didik SMP Kelas VIII dan memaparkan kelayakan video kanal Youtube “Kok Bisa?” sebagai sumber belajar peserta didik SMP Kelas VIII berdasarkan kriteria sumber belajar. Penelitian ini dirancang dengan desain kualitatif. Instrumen penelitian yang akan digunakan dalam penelitian ini sesuai dengan teknik pengumpulan data, maka instrumen penelitian akan menggunakan lembar observasi dan lembar transkripsi. Untuk teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi dan teknik transkripsi. Data yang telah terkumpul tersebut kemudian dianalisis menggunakan cara menyimak, mentranskripsi, menganalisis atau menafsirkan, mendeskripsikan, dan menyimpulkan. Hasil penelitian didasarkan oleh adanya kesesuaian isi, struktur, dan kaidah kebahasaan teks eksplanasi dalam tiga belas video saluran Youtube “Kok Bisa?” sebagai sumber belajar peserta didik SMP Kelas VIII. Berdasarkan kesesuaian isi, tiga belas video dalam kanal tersebut terdapat sembilan video yang sesuai dengan isi teks eksplanasi yang berpijak pada pola kausalitas dan pola kronologis. Lalu, dalam kesesuaian struktur teks eksplanasi yang dianalisis berdasarkan identifikasi masalah, rangkaian kejadian, dan ulasan. Selanjutnya, dalam kesesuaian kaidah kebahasaan yang terdiri atas konjungsi kausalitas, konjungsi kronologis, kata benda dan kata teknik. Sementara itu, hasil penelitian yang kedua yaitu kelayakan video kanal Youtube “Kok Bisa?” berdasarkan kriteria sumber belajar tersebut terdapat sembilan video yang sesuai dengan kriteria sumber belajar. Kriteria sumber belajar tersebut terdiri dari ekonomis yaitu mempertimbangkan biaya yang digunakan untuk sumber belajar, relevan dengan tujuan pembelajaran yang akan dicapai, fleksibel atau bersifat kaku atau paten, mudah dikembangkan, mencapai tujuan pembelajaran, dan tidak terpengaruhi faktor luar, praktis dan sederhana, sumber belajar yang mudah dijangkau dan tidak sulit, memuat isi pesan yang sesuai dengan materi pembelajaran dan tujuan pembelajaran, dan sumber belajar dipilih dengan efektif dan efisien. Saran Bagi pendidik khususnya mata pelajaran Bahasa Indonesia penelitian ini dapat digunakan sebagai sumber pengetahuan dapat berguna untuk pedoman guna memilih sumber belajar dalam kanal Youtube ketika akan memilah sumber belajar kegiatan pembelajaran struktur dan kaidah kebahasaan teks eksplanasi. Bagi peserta didik kanal Youtube “Kok Bisa?” dapat dijadikan sebagai referensi sumber belajar dalam pembelajaran teks eksplanasi. Hal tersebut karena kanal Youtube “Kok Bisa?” memuat video edukatif yang layak berdasarkan kriteria sumber belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kesesuaian, Kelayakan, Kanal Youtube, Sumber Belajar, Teks Eksplanasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 22 Dec 2022 06:38
Last Modified: 22 Dec 2022 06:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54316

Actions (login required)

View Item View Item