KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPLANASI MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE LEARNING DAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA KARTU BERGAMBAR BERBASIS JARINGAN PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP


Ira Nafisatul Fridayanti, 2101417082 (2021) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPLANASI MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE LEARNING DAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA KARTU BERGAMBAR BERBASIS JARINGAN PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2101417082 - Ira Nafisatul Fridayanti.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Menulis teks eksplanasi merupakan keterampilan yang terdapat pada KD yang harus dicapai oleh peserta didik dalam pembelajaran bahasa Indonesia kurikulum 2013. Namun menulis teks eksplanasi menjadi masalah pada peserta didik SMP. Permasalahan muncul terjadi beberapa faktor yaitu media dan model yang digunaka belum tepat sehingga masalah tersebut berdampak pada nilai akademik yang di hasilkan oleh siswa. Model cooperative learning dan model problem based problem serta media kartu bergambar merupakan model dan media yang tepat, menyenangkan serta tidak membosankan dalam pembelajaran daring. Model cooperative learning mengajak siswa belajar secara berkelompok, membimbing siswa untuk saling mengutarakan pendapat, memunculkan ide-ide yang kreatif. Model Problem Based Learning menuntut siswa untuk memecahkan masalah berdasarkan permasalahan, siswa dibimbingan oleh guru untuk menyikapi suatu persoalan yang di hadapkan oleh masalah. Sedangkan media kartu bergambar sebagai alat penunjang dalam kegiatan pembelajaran teks eksplanasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan yaitu eksperimen semu. Populasi dalam penelitan ini yaitu siswa kelas VIII SMP Negeri 40 Semarang. Sedangkan sempel dari penelitian ini yaitu pada semua siswa kelas VIII SMP Negeri 40 Semarang. Sampel dari penelitian ini yaitu siswa kelas VIII H sebagai kelas eksperimen 1 dengan jumlah 30 siswa dan kelas VIII G sebagai kelompok dengan jumlah 30 siswa. Teknik sampel pengambilan data dilakukan dengan cara purposive sampling. Penelitian ini terdapat dua variabel yaitu variabel bebas dan variabel terikat. Variabel bebas yaitu penerapan model pembelajaran cooperative learning dan Model Problem based learning melalui pembelajaran daring dengan media kartu bergambar. Variabel terikat yaitu keterampilan menulis teks eksplanasi pada peserta didik kelas VIII SMP Penelitian ini menggunakan instrumen tes dan instrumen nontes. Penelitian ini menggunakan perhitungan uji normalitas, uji homogenitas, rata-rata. Hasil uji normalitas pada kelompok eksperimen yaitu 200 menunjukkan bahwa lebih besar dari 0,05 maka dikatakan bahwa uji normalitas normal. Uji homogenitas pada kelompok eksperimen signifikansi 0,05 dapat dikatakan penelitian tersebut homogen. Hasil dari rata-rata kelompok eksperimen 1 model cooperative learning postes lebih banyak daripada pretes, kelompok eksperimen 1 dengan model cooperative learning pretes memperoleh skor 60,80 sedangkan hasil dari postes kelompok eksperimen 1 yaitu 81,67. Hal tersebut berbeda dengan kelompok eksperimen 2 model Problem Based Learning, rata-rata hasil pretes59,73 sedangkan hasil kelompok eksperimen 2 memperoleh skor 76,27.Oleh karena itu model Cooperative Learning lebih efektif dari pada model Problem Based Learning dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi melalui pembelajaran daring pada siswa SMP kelas VIII. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan pendidik mata pelajaran bahasa Indonesia menggunakan model pembelajaran yang inovatif, model tersebut yaitu model Cooperative Learning dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi berbantuan media kartu bergambar berbasis jaringan. Model ini sudah terbukti keefektifannya dibanding model Problem Based Learning (PBL). Peserta didik lebih antusias dalam mengikuti pembelajaran daring teks ekaplanasi berbantuan media kartu bergambar, selain itu peserta didik mampu menuangkan ide ke dalam bentuk tulisan secara maksimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: model cooperative Learning, model Problem Based Learning, teks eksplanasi, kartu bergambar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 22 Dec 2022 04:49
Last Modified: 22 Dec 2022 04:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54312

Actions (login required)

View Item View Item