Pengaruh Kemampuan Berhitung Matematika dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Kudus.


Dwi Nita Handayani, 2009 (2009) Pengaruh Kemampuan Berhitung Matematika dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Kudus. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Kemampuan Berhitung Matematika dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Kudus.]
Preview
PDF (Pengaruh Kemampuan Berhitung Matematika dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Kudus.) - Published Version
Download (59kB) | Preview

Abstract

Handayani, Dwi Nita. 2009. Pengaruh Kemampuan Berhitung Matematika dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Kudus. Jurusan Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang : 68 halaman. Kata kunci : Hasil Belajar, Akuntansi, Kemampuan Berhitung Matematika, Motivasi Belajar. Hasil belajar akuntansi dipengaruhi oleh berbagai faktor, diantaranya adalah kemampuan berhitung matematika dan motivasi belajar. Namun kebenaran argumen ini perlu dibuktikan melalui kegiatan penelitian agar diperoleh jawaban yang akurat. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah : Apakah kemampuan berhitung matematika dan motivasi belajar memepengaruhi hasil belajar akuntansi siswa kelas x akuntansi SMK Negeri 1 Kudus baik secara simultan maupun secara parsial? Tujuan penelitian ini adalah : Mengetahui seberapa besar pengaruh kemampuan berhitung matematika dan motivasi belajar mempengaruhi hasil belajar akuntansi siswa kelas x akuntansi SMK Negeri 1 Kudus. Manfaat penelitian ini adalah Manfaat teoritis, Manfaat praktis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Kudus yang berjumlah 120 siswa. Sampel berjumlah 92 siswa dengan menggunakan teknik simple random sampling dengan cara undian. Ada tiga variabel yang dikaji dalam penelitian ini, yaitu : Kemampuan berhitung matematika, motivasi belajar, hasil belajar akuntansi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan angket. Data yang telah dikumpulkan dianalis dengan analisis deskriptif persentase dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berhitung matematika dan motivasi belajar secara simultan memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar akuntansi. Hal ini terlihat dalam probabilitas Fhitung sebesar 0,000 Besarnya pengaruh yang diberikan oleh kemampuan berhitung matematika dan motivasi belajar terhadap hasil belajar akuntansi adalah 68%. Secara partial, kemampuan berhitung matematika dan motivasi belajar juga memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar akuntansi. Hal ini terlihat pada probabilitas thitung untuk kemampuan berhitung matematika sebesar 0,000 dan probabilitas thitung untuk motivasi belajar adalah 0,000. Besarnya pengaruh antara kemampuan berhitung matematika (X1) terhadap hasil belajar akuntansi (Y) secara individual tergolong sedang. Hal ini ditunjukkan dengan nilai r = 0,638, maka r2 = 0,40, sedangkan pengaruh antara motivasi belajar (X2) terhadap hasil belajar akuntansi (Y) secara individual tergolong sedang . Hal ini ditunjukkan pada nilai r = 0,610, maka r2 = 0,37. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan secara parsial dan simultan kemampuan berhitung matematika dan motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas X SMK Negeri 1 Kudus, maka disarankan agar : Pihak sekolah lebih selektif dalam memilih input siswa yang akan masuk jurusan akuntansi dengan melihat nilai-nilai UAN, khususnya   kemampuan berhitung matematika yang sebagian besar paling berpengaruh terhadap hasil belajar akuntansi. Kepada semua tenaga pengajar, selalu memotivasi semua siswanya yang sebagian besar memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar akuntansi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Akuntansi, Kemampuan Berhitung Matematika, Motivasi Belajar
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 12 Oct 2011 01:14
Last Modified: 19 Oct 2011 02:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/5431

Actions (login required)

View Item View Item