PELAKSANAAN KLAIM ASURANSI DIGITAL DI PERUSAHAAN ASURANSI JIWA SINARMAS SEMARANG BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 40 TAHUN 2014 TENTANG PERASURANSIAN


SHELLA FADHLIANA, 8111416315 (2021) PELAKSANAAN KLAIM ASURANSI DIGITAL DI PERUSAHAAN ASURANSI JIWA SINARMAS SEMARANG BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 40 TAHUN 2014 TENTANG PERASURANSIAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 8111416315 - shella fadhliana.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Asuransi digital merupakan inovasi asuransi yang memanfaatkan sistem digital dalam pemasaran produk hingga pelaksanaan klaim asuransi melalui internet atau aplikasi. Perusahaan Asuransi Jiwa Sinarmas Semarang yang memiliki program pelaksanaan produk asuransi jiwa berbasis digital, memiliki kendala di kalangan Tertanggung karena proses klaim asuransi berbasis digital masih memerlukan waktu yang lama dan dinilai belum efisien berdasarkan Undang- Undang Nomor 40 Tahun 2014 tentang Perasuransian. Rumusan masalah dalam penelitian ini fokus membahas bagaimana pelaksanaan klaim asuransi digital di Perusahaan Asuransi Jiwa Sinarmas Semarang berdasarkan Undang- Undang Nomor 40 Tahun 2014 tentang Perasuransian dan bagaimana tanggung jawab Perusahaan Asuransi Jiwa Sinarmas Semarang dalam merealisasikan permohonan klaim asuransi digital. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Jenis penelitian ini merupakan penelitian yuridis empiris yaitu penelitian yang berasal dari analisis permasalahan yang diperoleh dari lapangan yang disandingkan dengan bahan hukum primer dan sekunder yaitu pelaksanaan klaim asuransi berbasis digital di Perusahaan Asuransi Jiwa Sinarmas Semarang agar sesuai dengan prinsip pelaksanaan klaim asuransi yaitu cepat, sederhana, mudah diakses, dan adil serta transparansi dalam sistem digital. Hasil penelitian pelaksanaan klaim asuransi berbasis digital di Perusahaan Asuransi Jiwa Sinarmas Semarang belum sesuai dengan Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2014 tentang Perasuransian khususnya pada Pasal 31 ayat 3. Selanjutnya, tanggungjawab Perusahaan Asuransi Jiwa Sinarmas Semarang dalam merealisasikan permohonan klaim asuransi berbasis digital belum sesuai dengan Pasal 31 ayat 4 dalam Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2014 tentang Perasuransian. Simpulan terkait dengan pelaksanaan klaim asuransi digital di Perusahaan Asuransi Jiwa Sinarmas Semarang belum sesuai dengan Pasal 31 ayat 3 dikarenakan Perusahaan Asuransi Jiwa Sinarmas Semarang belum bisa memenuhi pelaksanaan proses klaim asuransi secara digital dengan sederhana dan mudah diakses. Sedangkan, tanggungjawab Perusahaan Asuransi Jiwa Sinarmas Semarang belum sesuai dengan Pasal 31 ayat 4 dikarenakan masih terjadi keterlambatan pembayaran klaim asuransi jiwa kepada salah satu Tertanggung di Perusahaan Asuransi Jiwa Sinarmas Semarang dikarenakan kurangnya komunikasi antara karyawan Asuransi Sinarmas Semarang dengan Tertanggung, maka perlu ditingkatkan edukasi terkait asuransi digital kepada staff dan Tertanggung di Perusahaan Asuransi Jiwa Sinarmas Semarang. Sehingga, kinerja Perusahaan dalam pelaksanaan inovasi klaim asuransi digital ini dapat dilaksanakan secara cepat, sederhana, mudah diakses, dan adil.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Klaim, Asuransi Jiwa, Digital, Sinarmas
Subjects: K Law > K Law (General)
Fakultas: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 21 Dec 2022 02:16
Last Modified: 21 Dec 2022 02:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54258

Actions (login required)

View Item View Item