PENGARUH KONSENTRASI KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL DAN STABILITAS KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEN


Fellia Adellawati, 7311417210 (2021) PENGARUH KONSENTRASI KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL DAN STABILITAS KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH KONSENTRASI KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL DAN STABILITAS KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEN] PDF (PENGARUH KONSENTRASI KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL DAN STABILITAS KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEN) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kebijakan mengenai dividen yang dibuat perusahaan menjadi penting untuk meningkatkan nilai perusahaan dan mengurangi biaya keagenan. Dividen yang dibagikan kepada pemegang saham berasal dari laba atau keuntungan yang diperoleh perusahaan, kemudian dibagikan dalam bentuk dividen atau laba ditahan untuk menjadi sumber dana investasi kembali. Penelitian ini bertujuan untuk menguji konsentrasi kepemilikan institusional, stabilitas kepemilikan institusional terhadap kebijakan dividen. Beberapa penelitian sebelumnya telah dilakukan di berbagai Negara, akan tetapi hasil penelitian tersebut menunjukkan hasil yang tidak konsisten antara satu peneliti dengan peneliti lainnya. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index periode 2017-2019. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling untuk menentukan jumlah sampel penelitian. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 20 perusahaan, dengan total sampel 60 observasi selama tahun 2017-2019. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang bersumber dari annual report. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi berganda pada Eviews9. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh negatif dan secara statistik tidak signifikan antara konsentrasi kepemilikan institusional terhadap kebijakan dividen. Selain itu stabilitas berpengaruh negatif dan secara statistik tidak signifikan terhadap kebijakan dividen. Hasil ini menunjukkan bahwa seluruh perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index periode 2017-2019 dengan konsentrasi kepemilikan institusional yang tinggi memilih untuk mengambil keuntungan pribadi daripada membagikan dividen kepada pemegang saham yang lain atau membayar dividen lebih rendah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Konsentrasi, Stabilitas, Kepemilikan Institusional, Kebijakan Dividen
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 16 Dec 2022 03:23
Last Modified: 16 Dec 2022 03:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54246

Actions (login required)

View Item View Item