ANALISIS PENGARUH ENVIRONMENTAL PERFORMANCE, FIRM SIZE, DAN LEVERAGE TERHADAP FINANCIAL PERFORMANCE (Studi pada perusahaan manufakktur yang terdaftar di BEI dan PROPER tahun 2016-2020)


Aryu Luthfia Hafizha, 7311417197 (2021) ANALISIS PENGARUH ENVIRONMENTAL PERFORMANCE, FIRM SIZE, DAN LEVERAGE TERHADAP FINANCIAL PERFORMANCE (Studi pada perusahaan manufakktur yang terdaftar di BEI dan PROPER tahun 2016-2020). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS PENGARUH ENVIRONMENTAL PERFORMANCE, FIRM SIZE, DAN LEVERAGE TERHADAP FINANCIAL PERFORMANCE (Studi pada perusahaan manufakktur yang terdaftar di BEI dan PROPER tahun 2016-2020)] PDF (ANALISIS PENGARUH ENVIRONMENTAL PERFORMANCE, FIRM SIZE, DAN LEVERAGE TERHADAP FINANCIAL PERFORMANCE (Studi pada perusahaan manufakktur yang terdaftar di BEI dan PROPER tahun 2016-2020)) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Investor cenderung menginginkan perusahaan dengan citra yang baik untuk menanamkan modalnya, sehingga memperhatikan seperti halnya kinerja lingkungan. Perusahaan dengan citra yang baik dapat meningkatkan penjualan yang berpengaruh terhadap kinerja keuangan. Selain itu, ukuran perusahaan dan leverage juga dapat berpengaruh terhadap berlangsungnya keuangan suatu perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kinerja lingkungan, ukuran perusahaan dan leverage terhadap kinerja keuangan perusahaan yang terdaftar di BEI dan PROPER. Metode penelitian yang digunakan ialah metode penelitian kuantitatif dengan objek penelitian perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI dan PROPER tahun 2016-2020. Teknik pengambilan sampel berupa metode purposive sampling. Sampel penelitian berjumlah 39 perusahaan. Jenis data yang digunakan merupakan data sekunder yang berasal dari laporan keuangan perusahaan (annual report) dan data peringkat PROPER. Metode analisis yang digunakan adalah regresi data panel serta alat analisis yang digunakan adalah eviews 9. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja lingkungan yang diproksikan menggunakan peringkat PROPER memiliki pengaruh positif tidak signifikan terhadap kinerja keuangan, ukuran perusahaan yang diproksikan menggunakan logaritma natural dari total aset memiliki pengaruh positif tidak signifikan terhadap kinerja keuangan, dan leverage yang diproksikan menggunakan debt to total equity memiliki pengaruh positif signifikan terhadap kinerja keuangan. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan kesimpulan bahwa leverage memiliki pengaruh terhadap tinggi rendahnya kinerja keuangan suatu perusahaan. Sehingga investor perlu mempertimbangkan rasio leverage sebelum membuat keputusan dalam menanamkan modal di suatu perusahaan. Saran untuk penelitian selanjutnya yaitu sebaiknya peneliti selanjutnya mempertimbangkan variabel lain selain kinerja lingkungan dan ukuran perusahaan yang dapat memberikan pengaruh positif terhadap kinerja keuangan suatu perusahaan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kinerja Lingkungan , Ukuran Perusahaan, Leverage , Kinerja Keuangan
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 16 Dec 2022 03:17
Last Modified: 16 Dec 2022 03:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54245

Actions (login required)

View Item View Item