PENGARUH KUALITAS KEHIDUPAN KERJA DAN KEPEMIMPINAN YANG MELAYANI PADA KETERIKATAN KARYAWAN DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi pada Karyawan CV Alamut Bumiwisesa, Kendal)


Bayu Al Farizi, 7311417188 (2021) PENGARUH KUALITAS KEHIDUPAN KERJA DAN KEPEMIMPINAN YANG MELAYANI PADA KETERIKATAN KARYAWAN DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi pada Karyawan CV Alamut Bumiwisesa, Kendal). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH KUALITAS KEHIDUPAN KERJA DAN KEPEMIMPINAN YANG MELAYANI PADA KETERIKATAN KARYAWAN DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi pada Karyawan CV Alamut Bumiwisesa, Kendal)] PDF (PENGARUH KUALITAS KEHIDUPAN KERJA DAN KEPEMIMPINAN YANG MELAYANI PADA KETERIKATAN KARYAWAN DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi pada Karyawan CV Alamut Bumiwisesa, Kendal)) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Keterikatan karyawan disebut sebagai hal positif mengenai keterikatan yang ditandai dengan semangat dan dedikasi dalam bekerja. Hal tersebut mempengaruhi sikap positif baik secara langsung maupun tidak langsung. Keterikatan karyawan dipengaruhi oleh kualitas kehidupan kerja dan kepemimpinan yang melayani, serta kepuasan kerja oleh karyawan. Penelitian ini menguji pengaruh kualitas kehidupan kerja dan kepemimpinan yang melayani pada keterikatan karyawan dengan kepuasan kerja sebagai variabel mediasi. Metode penelitian ini yaitu metode kuantitatif. Populasi yang digunakan yaitu karyawan CV Alamut Bumiwisesa, Kendal. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh dengan jumlah sampel sebanyak 80 karyawan. Metode analisis data menggunakan uji validitas dan reliabilitas, analisis deskriptif, uji asumsi klasik regresi, uji hipotesis dan uji jalur (path) melalui perangkat lunak SPSS versi 24. Hasil penelitian menunjukkan kualitas kehidupan kerja memiliki pengaruh positif pada kepuasan kerja namun tidak pada keterikatan karyawan. Sedangkan kepemimpinan yang melayani memiliki pengaruh positif pada keterikatan karyawan dan kepuasan kerja. Berdasarkan hasil penelitian juga mengatakan bahwa kepuasan kerja mampu memediasi pengaruh hubungan antara kualitas kehidupan kerja dan kepemimpinan yang melayani pada keterikatan karyawan. Simpulan dari penelitian ini yaitu penerapan kualitas kehidupan kerja di CV Alamut Bumiwisesa perlu ditingkatkan lagi agar tercapai keterikatan karyawan yang baik, sehingga tujuan perusahaan dapat tercapai. Namun di sisi lain, adanya kepuasan kerja sebagai pengaruh mediasi dapat mempengaruhi keterikatan karyawan secara positif. Saran bagi karyawan CV Alamut Bumiwisesa yaitu menjalin hubungan lebih baik lagi sesama rekan kerja, lebih bisa menerima masukan, kritik, ataupun saran yang diberikan oleh pimpinan serta selalu mengevaluasi diri ke arah yang lebih baik dalam bekerja. Saran untuk perusahaan melakukan monitoring dan evaluasi setiap 1 bulan sekali agar lebih efektif untuk menjaga dan meningkatkan semangat karyawan dalam bekerja.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Kehidupan Kerja, kepemimpinan yang Melayani, Kepuasan Kerja, Keterikatan Karyawan
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 16 Dec 2022 03:10
Last Modified: 16 Dec 2022 03:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54244

Actions (login required)

View Item View Item