Pengaruh Biopsychosocial Factor Terhadap Financial Risk Tolerance Investor Muda di Kota Semarang


Latifah Putri Hening Hati, 7311417165 (2021) Pengaruh Biopsychosocial Factor Terhadap Financial Risk Tolerance Investor Muda di Kota Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Biopsychosocial Factor Terhadap Financial Risk Tolerance Investor Muda di Kota Semarang] PDF (Pengaruh Biopsychosocial Factor Terhadap Financial Risk Tolerance Investor Muda di Kota Semarang) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Jumlah investor pasar modal berdasarkan Single Investor Identification (SID) terus mengalami peningkatan secara signifikan, namun banyak investor yang belum mengerti pentingnya mengetahui profil risiko yang dimiliki. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh biopsychosocial factor terhadap financial risk tolerance investor muda di Kota Semarang. Populasi pada penelitian ini adalah investor yang berdomisili di Kota Semarang. Sampel yang digunakan berjumlah 100 sampel responden investor dengan metode convinience sampling. Teknik pengumpulan data berupa kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah pendekatan Structural Equation Modeling (SEM) berbasis komponen atau varians dengan model persamaan evaluasi model Partial Least Square (PLS) dengan bantuan program SmartPLS 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel self-esteem dan personality type berpengaruh positif dan signifikan terhadap financial risk tolerance. Sedangkan variabel sensation seeking berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap financial risk tolerance. Simpulan penelitian ini self-esteem dan personality type berpengaruh positif dan signifikan terhadap financial risk tolerance investor muda di Kota Semarang. Sedangkan sensation seeking berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap financial risk tolerance investor muda di Kota Semarang. Berdasarkan hasil penelitian, diharapkan pada penelitian yang akan datang diharapkan dapat mengembangkan variabel bebas terkait biopsychosocial factor selain self-esteem, personality type, dan sensation seeking.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Jumlah investor pasar modal berdasarkan Single Investor Identification (SID) terus mengalami peningkatan secara signifikan, namun banyak investor yang belum mengerti pentingnya mengetahui profil risiko yang dimiliki. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh biopsychosocial factor terhadap financial risk tolerance investor muda di Kota Semarang. Populasi pada penelitian ini adalah investor yang berdomisili di Kota Semarang. Sampel yang digunakan berjumlah 100 sampel responden investor dengan metode convinience sampling. Teknik pengumpulan data berupa kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah pendekatan Structural Equation Modeling (SEM) berbasis komponen atau varians dengan model persamaan evaluasi model Partial Least Square (PLS) dengan bantuan program SmartPLS 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel self-esteem dan personality type berpengaruh positif dan signifikan terhadap financial risk tolerance. Sedangkan variabel sensation seeking berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap financial risk tolerance. Simpulan penelitian ini self-esteem dan personality type berpengaruh positif dan signifikan terhadap financial risk tolerance investor muda di Kota Semarang. Sedangkan sensation seeking berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap financial risk tolerance investor muda di Kota Semarang. Berdasarkan hasil penelitian, diharapkan pada penelitian yang akan datang diharapkan dapat mengembangkan variabel bebas terkait biopsychosocial factor selain self-esteem, personality type, dan sensation seeking.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 16 Dec 2022 03:05
Last Modified: 16 Dec 2022 03:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54243

Actions (login required)

View Item View Item